Orang yang gak sabar, temennya setan

Ini kisah tentang perbincangan saya dengan Fasya (4 th) putri pertama kami.Suatu malam, saat waktu sholat isya tiba, seperti biasa kami mengajak serta Fasya untuk ikut sholat jamaah. Waktu itu dia ogah-ogahan, kemudian bunda bilang ke Fasya, bahwa orang yang gak sholat itu adalah temennya setan. Maka tanpa berkata lagi, Fasya segera memakai mukena dan ikut dalam jamaah sholat isya’ kami. (walaupun pada saat sholat, kadang dia masih “keluar” dari barisan untuk lari-lari, baru kemudian bergabung kembali tatkala sholat akan usai :-)  ).

Selepas salam dan wirid, kemudian terjadilah dialog antara bunda dengan Fasya.

Fasya   : bunda, Allah sholat juga gak?
Bunda  : ya nggak lah, kita sholat khan untuk menuruti perintah Allah.
Fasya   : berarti Allah temennya setan dong? Karena gak sholat ?
Bunda & ayah : @&*)(&@&$)^%$**%#%)%#$@

Karena kami diam saja (sambil dalam hati ketawa ), dia kembali bertanya.

Fasya   : Allah itu yang menciptakan kita ya Yah ?
Ayah    : betul nak, Allah yang menciptkan kita semua, ayah, bunda, fasya dann semuanya.
Fasya   : emang Allah tempatnya dimana? Di langit ya?
Ayah    : (masih bingung menyiapkan jawaban 🙂 )
Fasya   : kalo gitu Allah punya tangan juga dong? Seperti apa tangannya?
Bunda & Ayah : @&*)(&@&$)^%$**%#%)%#$@

Dan ini perbincangan paling baru antara saya dan Fasya, beberapa malam yang lalu.

Saat itu Fasya mau bobo dan seperti biasa, saya menyuruhnya untuk pipis dulu biar tidak ngompol.

Ayah    : Fasya, yuk pipis dulu biar ntar gak ngompol
Fasya   : ntar dulu, masih mo baca buku (padahal Fasya hanya buka-buka buku doang J )
Ayah    : ayo dong Fasya….ntar keburu ngantuk dan gak sempat pipis.
Fasya   : ntar dong ayah…..Fasya lagi mo main neh …..
Ayah    : (hampir jengkel, karena Fasya terlalu banyak alasan) Cepet dong Fasya….orang yang selalu menunda-nunda pekerjaan itu temennya setan lho !
Fasya   : ayah neh gak sabaran, kalo ntar ya entar. Orang yang gak sabaran temennya setan juga !!!
Ayah    : @&*)(&@&$)^%$**%#%)%#$@
Bunda  : (ketawa ngakak)



Oracle JDEdwards EnterpriseOne 8.12 Demo Version

8.12 Login PageSetelah beberapa tahun “hanya” mempunyai JDEdwards OneWord Xe / B7334 Demo Version (atau sering disebut Demo Junior), minggu lalu saya berhasil install versi JDEdwards terbaru 8.12 yang dari sono-nya di sebut dengan Oracle JDEdwards EnterpriseOne 8.12

Sebetulnya sudah agak lama saya mempunyai versi tsb, atau beberapa bulan semenjak versi 8.12 keluar saya sudah mendapatkan copy DVD di dalam laptop saya. Versi sebelumnya-pun (8.11 sp1) sudah saya miliki beberapa bulan sebelumnya. Namun, saat itu beberapa kali mencoba installasi saya selalu gagal. Dan karena saya tidak cukup waktu untuk mengoprek saat itu, akhirnya sampai 1 bulan yang lalu-pun versi “Xe” atau B7334 masih setia menamani saya di setiap kesempatan.

Awal Nopember 2007 ini, saya kembali meluangkan waktu untuk mengoprek installasi versi terakhir software yang dibikin ama Om Edwards ini J yang sekarang dimiliki oleh Oracle.

Langkah-langkah yang saya ambil adalah :

  1. membuang habis semua installasi MS-SQL Server yang terpasang,
  2. pembantaian habis-habisan .NET yang ada di laptop saya (.NET 2003 dan .NET 2005). Karena saya berfikir, karena MS-SQL Server dan .NET inilah yang selalu menggagalkan installasi JDEdwards EnterpriseOne 8.12 Demo Version sebelumnya.
  3. installasi ulang .NET 2003 (karena .NET 2003 merupakan prerequisites yang musti udah ada)
  4. installasi JDEdwards EnterpriseOne 8.12 Demo Version, yang di dalamnya ada installasi MSDE (MSSQL Dekstop Engine).
  5. ikutin saran yang diberikan oleh Oracle, seperti edit JDE.INI dsb.

Akhirnya, jadi deh JDEdwards EnterpriseOne 8.12 Demo Version terpasang di laptop.

Front End 8.12

Pada dasarnya secara fungsi, masih sama dengan versi sebelumnya. Hanya saja, untuk menu-menu user pada versi mulai 8.11 sudah mengharuskan memakai web version (tidak seperti versi Xe yang memakai windows application). Dan karena inilah, maka diperlukan hardware yang lumayan tinggi untuk bisa running JDEdwards EnterpriseOne 8.12 Demo Version tersebut.

Sebagai gambaran, laptop yang saya pergunakan :

  • Lenovo Y400-33A
  • Intel Core2Duo T5500 – 1.66 GHz
  • Harddisk 120 GB
  • RAM 1GB

Entry Voucher in 8.12




Tata Cara membuat RF Gateway e10-25

oleh : JZ04EPW / Deny Hidajat

e10-25 Network Description 

Dokumentasi ini membantu Anda menyiapkan fasilitas e10-25 RF Gateway pribadi. Gambar di atas menggambarkan posisi Anda, -sebagai contoh-, JZ10FA-L. Layanan ini memungkinkan komputer Anda menerima/mengirim sinyal audio dari Internet ke udara (dan sebaliknya) menggunakan radio transceiver. Untuk bisa memberikan layanan ini, komputer Anda harus:

  • PC standar (prosesor kelas Pentium I, kecepatan 200 MHz, memori 32 MB, ruang harddisk sisa minimal 1 MB, memiliki soundcard yang terpasang ke radio transceiver menggunakan rangkaian PTT Keyer yang terpasang pada port Serial

Skematic e10-25 For RIG

Skematic e10-25 For HT

 

  • Squelch radio transceiver ini perlu ‘ditutup’ sehingga saat tidak ada sinyal, radio tidak mengeluarkan desis ke komputer. Jika transceiver Anda memiliki fasilitas Time-out Timer (TOT), aturlah lama satu kali transmit maksimal 3 menit (atau sesuai kebutuhan). Anda perlu menghubungi/bekerjasama dengan RAPI Lokal/Wilayah/Daerah setempat. Anda juga perlu membicarakan frekuensi kerja layanan ini. Silakan berkonsultasi dengan pihak yang berwenang di RAPI Lokal/Wilayah/Daerah Anda.

  • Menggunakan sistem operasi Windows 95 atau lebih tinggi. Dalam dokumentasi ini, kami menggunakan Windows XP SP2. Bila Anda menggunakan Windows versi lain, tampilan atau perintah yang tampak mungkin berbeda.

  • Ada koneksi Internet. Bandwidth yang dipakai adalah 15 Kbps, dengan demikian modem dial-up 33,6 Kbps sudah lebih dari cukup untuk menikmati layanan ini.

  • Tersedia aplikasi khusus. RF Gateway PMR446 dapat download di milis ICB – Files atau http://www.446user.co.uk/

e10-25 Server Gateway

Berikut adalah tahap-demi tahapnya:

  1. Pastikan komputer Anda dapat mengakses server. Caranya, pilih menu Start è Run è cmd kemudian ketik ping  1025rapi.no-ip.org  seperti contoh ini.

setup-pc.jpg

Respon yang diharapkan adalah “Reply from x.x.x.x” menandakan koneksi Internet berjalan baik. Jika Anda mendapat balasan “Request timed out“, periksa apakah Internet Anda berjalan baik? Jika Internet Anda baik-baik saja, mungkin server 1025rapi.no-ip.org yang sedang tidak aktif atau firewall di ISP Anda menolak koneksi Anda ke server. 

  1. Kadang-kadang, beberapa rekan salah mencolok jack mic ke lubang Line-in. Untuk itu pastikan Anda memasang mic/line-in di lubang Mic/Line-in. Kadang-kadang Anda juga perlu mengatur setting recording dengan cara pilih menu Start è Run è sndvol32 /r kemudian centang pilihan Select pada kolom Microphone. Atur juga slider volume kira-kira pada posisi 50%.
    recording-control.jpg
     
  2. Jalankan program RF Gateway PMR446.exe yang sudah Anda download dan install. Layar yang tampil adalah sebagai berikut: eqso-view.jpg

Yang perlu Anda ubah adalah sebagai berikut:

Server 1025rapi.no-ip.org
Port 10024
Room INDONESIA (misalnya)
Callsign Karena Anda memiliki fasilias e10-25 RF Gateway pibadi, berikan ekstensi -L pada callsign Anda (misalnya: JZ10FA-L). Ini memberi tanda bagi pengguna lain bahwa Anda memberi layanan e10-25 RF Gateway pribadi dengan Link RF Simplek (TX=RX). -R apabila terhubung dengan Repater (JZ10FA-R)
Comment Isilah dengan nama lengkap, kota dan propinsi.
Rig Keying Pilih Com Port seperti gambar berikut:rig-keying-setup.jpg(jika saat pemilihan tiba-tiba transceiver Anda TX, Anda perlu mengklik pilihan Invert Voltage di kotak Com Port Keying.)
  1. Klik tombol Connect untuk terhubung ke server. Jika dalam waktu sekian lama tidak bisa terhubung, firewall di ISP Anda mungkin menolak koneksi Anda ke server.

Bila sudah ada yang bergabung di server, Anda dapat melihat mereka di layar. Silakan bergabung dengan mereka sesuai operating procedure yang biasa kita gunakan kala berbicara di udara. Software yang dipakai memiliki fasilitas VOX (Voice Operated Transmitter) atau dapat juga menggunakan PTT  sehingga jika ingin berbicara, tunggu sampai semua berhenti bicara baru kemudian Anda mulai berbicara.

e1025-rf-gateway-setup.jpg

Ujicoba dapat dilakukan dengan menggunakan Handy Talkie (HT) bersamaan dengan pengguna Internet lain yang sudah ada di room Anda: 

  • Lakukan transmit di frekuensi kerja e10-25 RF Gateway pribadi Anda. Seharusnya ketika Anda berbicara di HT, transceiver akan menerima sinyal kemudian VOX akan aktif dan mengirim suara Anda ke server sehingga pengguna lain dapat mendengar suara Anda.
  • Pada saat pengguna lain berbicara di room tersebut, seharusnya Anda dapat mendengar suaranya dari HT.

Bila suara didengar tidak nyaman melalui HT/Internet, aturlah slider Vol pada kotak Mic dan Output sedemikian rupa agar terdengar enak

Anda bisa mendapatkan versi PDF dari artikel ini
Tata Cara menbuat RF Gateway e10_25.pdf
disadur dari beberapa sumber :
www.mawarbiru.net/2007/11/07/e10-25-sebuah-gebrakan-baru-dalam-ber-10-25
eqso.orari.net
http://www.446user.co.uk/



Review ICOM IC-2200H

IC-2200HSatu bulan terakhir ini saya berkesempatan untuk menggunakan sebuah VHF Tranceiver ICOM IC-2200H. Radio ini mulai diproduksi oleh ICOM pada tahun 2003 dan sejak itulah RIG VHF yang mempunyai RF power 65 watt ini menjadi produk yang laris manis di pasaran. Salah satu indikasi akan hal ini adalah, sampai saat ini (akkhir 2007), radio ini masih tetap diproduksi oleh perusahaan asal Jepang tersebut.

Range Frekwensi

Frekwensi yang ter-cover oleh radio ini adalah TX: 136.000 – 174.000 MHz, dan RX: 118.000 – 174.000, sebuah range yang sudah umum di dalam dunia amatir radio.

Power Output

Secara umum, IC-2200H ini mempunyai kemampuan yang hampir sama dengan radio di kelasnya, seperti Kenwood TM-271, Yaesu FT-2800. Ketiga radio ini mempunyai RF power yang hampir sama, yaitu di kisaran 60 Watt.

Namun IC-2200H ini “mencuri’ perhatian dengan menaikkan sedikit powernya, yaitu pada 65 watt. Disamping itu, pilihan power yang lebih banyak dibandingkan RIG dikelasnya dengan memiliki 4 buah pilihan RF Power :

  • Low (5 W)
  • Middle Low (10 W)
  • Middle (25 W)
  • High (65 W)

Beberapa saat yang lalu, saya pernah ber 10-25 dengan teman di Karawang Selatan dengan menggunakan Middle Power (25 W) dan diterima sempurna dengan report signal full di sana. Walaupun RF Power bukan satu-satunya faktor yang mempengaruhi dalam hal ini. (faktor lain yang sangat penting adalah antenna).

Receiver

Saya merasa kesulitan untuk membandingkan kualitas receiver RIG ini dengan radio yang lain, dikarenakan saya tidak memiliki RIG yang lain yang terpasang pada station saya.

Namun secara global, receiver IC-2200H ini bisa dibilang sangat memuaskan, baik dalam kepekaan maupun toleransi terhadap spletteran.

Hal ini terbukti dengan berhasilnya saya ber 10-25 dengan rekan-rekan jauh, seperti Karawang, Sukabumi serta daerah Serang Banten tanpa kesulitan walaupun saya hanya menggunakan antenna dengan ketinggian 10 meter di atas tanah.

Disamping itu, selama ini saya tidak pernah merasa terganggu dengan adanya splatteran yang ada di saat saya sedang ber 10-25 dengan rekan-rekan.

RF Attenuator

Mungkin yang sedikit membedakan dengan radio di kelasnya, adalah bahwa IC-2200H ini mempunyai fungsi RF attenuator yang tergabung dalam tombol squelch. Secara awam mungkin fungsi ini akan terlihat sama dengan squelch, mengingat cara setting-nya menjadi satu dengan tombol squelch.

Modulasi

Sepertinya, modulasi yang dimiliki oleh RIG keluaran ICOM generasi akhir (sejak IC-2000, IC-2100), memiliki keunggulan dibandingkan dengan radio di kelasnya.

Saya pernah mendengarkan modulasi saya sendiri, dari rekaman yang dilakukan oleh lawan bicara saya. Dan memang terbukti modulasi yang dihasilkan IC-2200H ini lebih bagus dibandingkan dengan modulasi radio lain yang kebetulan saat itu ikut juga direkam. Modulasi yang dihasilkan cenderung menonjol dan seimbang antara bass dan treble-nya, sehingga walaupun signal kita S-0 diterima oleh lawan bicara kita, maka dengan adanya modulasi yang menonjol ini, lawan bicara kita dapat menerima pancaran kita dengan baik.

Audio

Salah satu kekurangan dari IC-2200H ini mungkin faktor audio. Audio yang dihasilkan cenderung “cempreng”, tetapi hal ini tidak menjadi sesuatu yang mengganggu (mungkin karena selama ini saya menggunakan Kenwood yang memang terkenal dengan audio yang “empuk”).

Untuk “mengakali” audio ini, saya mencolokkan speaker external bekas pasangan dari sebuah speaker aktif dan hasilnya cukup memuaskan. Audio yang dikeluarkan menjadi lebih empuk, lebih nge-bass dan sudah mirip dengan audio yang dihasilkan oleh Kenwood.

Pengoperasian Fungsi

Semua pengaturan fungsi dapat dilakukan dari hand mic standart (HM-133V) dengan mudah. Mungkin bagi orang yang belum terbiasa menggunakan product ICOM, akan sedikit merasa canggung untuk melakukan pengaturan fungsi, tetapi semua itu harusnya bisa diatasi karena manual book yang disertakan sangatlah mudah untuk dimengerti oleh orang awam sekalipun.

Memory

Memory yang disediakan sangat banyak, yaitu 200 memory. Dan ini saya kira lebih dari cukup untuk ukuran saya sebagai breaker biasa. (karena selama ini, saya menggunakan Kenwood TM-241 yang hanya memiliki 20 memory dengan hanya menyisakan 3 buah memory yang bisa digunakan untuk free duplex).

Disamping memory yang cukup banyak, IC-2200H ini juga dapat menyimpan karakter/huruf untuk menggantikan tampilan angka-angka frekwensi pada memory.

Secara umum, saya cukup puas terhadap IC-2200H ini dan masih banyak lagi feature yang lebih bagus tetapi saya belum bisa memberikan review dikarenakan belum banyak hal yang bisa saya explore di IC-2200H ini.

Untuk tetap menjaga suhu final tetap dalam keadaan yang “tidak terlalu panas”, saya memasang sebuah kipas kecil (yang biasa digunakan untuk CPU). Karena, setelah saya amati IC-2200H ini kalau kita pakai dengan power high (65 W) dalam waktu transmit yang cukup lama, pendinginnya akan terasa cepat sekali panas.

Harga pasaran untuk kondisi second saat ini (akhir 2007) berkisar antara 1.2 – 1.3 jt. Dan dengan harga tersebut, lebih baik anda membeli dengan kondisi baru, karena harga baru di Glodok adalah 1.4 juta.




Sudah sesuaikah benefit yang anda terima ?

Semakin luasnya penerapan Teknologi Informasi di berbagai bidang, telah membuka peluang yang besar bagi para tenaga profesional Tl untuk bekerja di perusahaan, instansi pemerintah, swasta dan asing di era globalisasi ini.

Menurut Edi Tjahya, managing director JOBsDB, terdapat beberapa bidang pekerjaan TI yang peluangnya cukup besar, seperti system analyst, network engineering, programmer, dan web designer. Beberapa posisi di bidang TI tersebut yang lowong bisa diisi, asal dengan bekal pengetahuan dan skill based yang memadai. Dibawah ini akan dipaparkan sejumlah posisi beserta salarynya tersebut :

Versi JOBsDB.

JUNIOR PROGRAMMER

Meski tidak semua, cukup banyak lulusan ilmu komputer yang memulai karirnya dari sini. Yang umum dicari adalah pemrogram untuk Java, C++ dan Visual Basic, sedangkan web programmer yang sering dibutuhkan adalah mereka yang menguasai bahasa HTML/XML, PHP, ASP, Cold Fusion. Untuk lowongan database, meski saat ini banyak program yang masih memakai bahasa Delphi, namun umumnya programmer yang mengusai bahasa SQL lebih disukai.

Modal: Sarjana (S1) atau diploma di bidang Teknik Informatika, Ilmu Komputer, Teknik Komputer atau Sistem Informasi. Umumnya tidak memerlukan kualifikasi tambahan, karena yang lebih diutamakan adalah pengetahuan akan suatu bahasa pemograman. Idealnya, Anda memiliki pengalaman kerja satu-dua tahun, atau setidaknya pernah membuat program-program yang dapat dijalankan, dalam skala besar/kecil.

Gaji per bulan: untuk pemula, sekitar Rp 3 juta.

Peluang saat ini : Lapangan kerja untuk programmer cukup banyak, mulai dari perusahaan pengembang software sampai ke perusahaan konsultasi database. Database programmer atau system programmer masih banyak dicari.

Prediksi: Para programer masih tetap akan dibutuhkan keterampilannya di bidang lain, seperti desain web, analisis sistem, maupun pengembangan software.

 

SYSTEM ANALYST.

System analyst adalah orang yang tugasnya menganalisis dan mendesain sistem yang akan digunakan dalam suatu perusahaan/organisasi. Ia dituntut mengenal mulai dari apa yang diminta oleh klien (system definition), pengerjaan database-nya (system implementation), hingga ke pengenalan hardware. Kemampuan untuk budgeting (menghitung anggaran) yang akan dipakai dalam pengerjaan sistem juga penting. Dalam praktek, system analyst dan programer bekerja bersama. System analyst mendesain dan menganalisis sistem, dan programmer yang akan membuat kode-kodenya. System analyst juga memiliki tugas yang hampir sama dengan project manager, hanya tentunya dalam skala yang lebih permanen.

Modal: Lulusan S1 bidang Sistem Informasi, Manajemen Informatika atau Teknik Informatika. Berpengalaman sekitar dua tahunan atau pernah membawahi suatu proyek atau pengerjaan sistem. Jarang yang meminta sertifikasi vendor, meskipun tentunya akan merupakan nilai plus bila anda memilikinya.

Gaji per bulan: Sekitar Rp 6 juta.

Peluang saat ini: Perusahaan berskala besar di bidang apa saja (misal: multimedia, perbankan, kosmetik, rokok) membutuhkan tenaga system analyst, mengingat setiap klien menginginkan sistem yang efektif dan tepat guna.

Prediksi: Menurut sebuah catatan Departemen Tenaga Kerja Amerika Serikat, jumlah kebutuhan karyawan IT akan sangat meningkat hingga 2008, dengan jumlah permintaan terhadap system analyst akan meningkat sekitar 94 persen.

 

IT MANAGER.

Sering juga disebut sebagai “IT Guru”. Di luar negeri, seorang IT manager dituntut untuk mengetahui hampir segala sesuatu mengenai sistem dan aplikasi.

Modal: Lulusan S1 Ilmu Komputer, Teknik Komputer atau Teknik Informatika, ditambah pengalaman antara 5 hingga 10 tahun.Tentunya diharapkan pengalaman selama ini mencakup pengetahuan akan bahasa pemograman, sistem jaringan, sistem database, troubleshooting, dan people skill.

Gaji per bulan: Sekitar Rp 15 juta.

Peluang saat ini: Masih jarang yang mempekerjakan IT Manager dari luar. Yang umum terjadi adalah para perusahaan mengambil sendiri orang dalam yang telah bekerja cukup lama, dan memiliki banyak pengalaman. Bisa saja ada yang memulai karirnya dari programer, beranjak ke system analyst, lalu naik ke senior analyst, barulah selanjutnya dipromosikan sebagai IT manager.

Prediksi: IT manager belum dianggap sebagai fungsi yang sangat penting dalam perusahaan-perusahaan di Indonesia. Bahkan banyak yang beranggapan pekerjaannya lebih sedikit atau lebih ringan, padahal yang terjadi adalah sebaliknya. Batasan job-des untuk para pelaku IT ini di tanah air kita masih belum jelas. Jadi, seorang IT manager harus Tahu semua. Semoga 5-10 tahun ke depan batasan-batasan ini akan lebih jelas.

 

Web Designer & Graphic Designer.

Seorang web designer bertanggung jawab atas elemen visual dan multimedia dari sebuah situs. Bekerja sama dengan programer web, mereka bertugas merancang situs baik dari segi isi maupun grafis. Seorang graphic designer dapat bekerja di luar desain situs, seperti menjadi staf artistik pada majalah atau koran.

Modal: Lulusan Diploma atau S1 bidang Desain Grafis, Desain Komunikasi Visual atau Komputer Multimedia dengan pengalaman pernah membuat situs. Untuk desainer web diharuskan menguasai Flash, Photoshop, Dream Weaver, Quark X-Press, Freehand dan software pengolah gambar lainnya. Mereka pun perlu memiliki kreativitas seni yang tinggi. Idealnya, ia pun bisa bahasa programming, walaupun dalam skala kecil. Setidaknya untuk bahasa scripting. Sehingga, ia dapat mengimbangi antara ide & aplikasi.

Gaji per bulan: sekitar Rp 4 juta.

Peluang: Saat ini di Indonesia saja tercatat sekitar 190 hingga 200 situs baru yang muncul tiap minggu. Niscaya, tenaga ahli di bidang desain web tetap menjadi suatu kebutuhan.

Prediksi: Dengan semakin berkembangnya e-commerce, semakin banyak pula tenaga desainer web dan programer web yang dibutuhkan.

 

System Administrator/Network Administrator.

Seorang system administrator bertugas menjaga keamanan & kontinuitas jaringan sistem yang digunakan, termasuk hal-hal seperti mengeset komputer agar terkoneksi ke internet, mengeset e-mail server (misal: Outlook), FTP server, DNS server. Network administrator merupakan orang yang sering ditanyai bila terjadi troubleshooting dalam jaringan.

Modal: Selain berbekal gelar sarjana (S1) atau diploma bidang Teknik Komputer/Teknik Informatika, kebanyakan perusahaan menginginkan si calon pelamar memiliki pengetahuan dan pengalaman di bidang networking protocol seperti TCP/IP atau Apple Talk. Pengalaman menggunakan sistem keamanan seperti firewall, VPN, atau antivirus pun penting.

Gaji per bulan: Rp 5 juta.

Peluang: network administrator sangat diperlukan, mengingat semakin banyak instansi atau perusahaan yang menetapkan jaringan dalam sistem mereka.

Prediksi: permintaan terhadap kebutuhan tenaga kerja ini stabil.

 

ERP CONSULTANT.

Tugas intinya adalah memberi masukan atau saran akan pengembangan suatu sistem dengan software database tertentu. Tujuannya supaya perusahaan klien lebih efektif dalam melakukan pekerjaan, dengan pengeluaran yang lebih minim. Tak jarang seorang konsultan ERP (Enterprise Resource Planning) juga dituntut untuk memberi solusi pengumpulan dan pencarian data (data warehousing & data mining).

Modal: Lulusan S1 bidang Teknik Informasi atau Sistem Informasi. Yang penting adalah pernah menggunakan atau mengimplementasi sistem database tertentu, seperti Oracle atau SAP. Karenanya, terdapat bermacam-macam konsultan saat ini, seperti Oracle consultant, SAP consultant, PeopleSoft consultant, dan sebagainya.

Gaji per bulan: Untuk konsultan yang bekerja sendiri, gajinya tergantung proyek yang dikerjakan. Sebagai gambaran, untuk mengimplementasi software database untuk bisnis, sebuah perusahaan perlu membayar sekitar US$ 100.000 hingga US$ 200.000 (sekitar Rp 880 juta-Rp1,7 milyar). Perusahaan konsultasi bisnis seperti JD Edwards atau SAP sendiri juga mempekerjakan tenaga konsultan.

Peluang: Seiring semakin berkembangnya aplikasi untuk database, diperlukan tenaga konsultasi untuk memberi masukan. Sayangnya di Indonesia sendiri, karena harganya yang cukup mahal, hanya perusahaan berbasis internasional yang mengimplementasi database ERP.

Prediksi: “In the next five years”, para programer yang berhubungan dengan program-program SAP yang sedang laku keras saat ini masih akan banyak dicari.

 

Versi Indo Salary Guide 2006 – kelly service

Position

Qualification

Years

Job Description

Min. Salary

Max. Salary

 

Helpdesk Analyst Degree

1-3

Remotely troubleshoot problem throught email/telephone by taking over the control users’ terminals via LAN/WAN connections.Plan,coordinate & support business processes, system and end-users. Handle phone-in & escalation of problems.

3.000.000

6.000.000

Analyst Programmer(senior programmer) Degree

2

Design,code & test programmes to support the application system development plan.

4.000.000

6.000.000

Web Designer Degree

2

Develop innovative web-based design application & contet management.

4.000.000

6.000.000

IT Executive Higher Diploma/Degree

2

Maintain sufficient,standart & reliable system/infranstructure to ensure effective & efficient operations.Implement IT procedures & processes to ensure maximum data protection/security.

5.000.000

8.000.000

Systems programmer/software Engineer Degree

2-3

Familiar with software development life cycles.Possess skills in application design. Prepare programme specifications, coding or documentation and testing.

6.000.000

10.000.000

IT Administrator Diploma/Degree

1-3

Provide implementation & administration involving LAN, WAN and dial-up connectivity,firewall,reverse proxy and technical support.

5.000.000

8.000.000

Network Administrator Degree

2-3

Administer & operate LAN & WAN networks,system management and hardware support.

5.000.000

10.000.000

Database Administrator Degree

3

Responsible for administration and technical maintenance of the company ‘s distributet database system

4.000.000

7.000.000

Systems Engineer Degree

2-3

Provide system design & consultacy to costumer.Respond to requests for technical queries & support.Conduct technical training to customers & IT administrators.

5.000.000

10.000.000

Network Suport Enginer Degree

3-5

Perfrom communication & networking systems analysis & design planning for integration.Support of network in internet,intranet & extranet. Analyse & participate in the development of security standardization and implementation of security controls for LAN & WAN.

5.000.000

10.000.000

ERP Consultant Degree

5-8

To provide functional or technical advice on the implementation of ERP solutions.Must have some domain knowledge in order to map processes.

8.000.000

20.000.000

Account Manager Higher Diploma/Degree

3-4

Respondsible for achievement of IT products and/or solution sales and revenue target.My be assigned to target specific industry vertycalls.

8.000.000

15.000.000

Business Development Manager Degree

5

Comercially aware of costumers’needs.Possess the acumen necessary to grow sustainable & profitable business.A strong intellect capable of grasping & clearly communicating complex business & technology concepts.

12.000.000

25.000.000

IT Manager Degree

5-7

Oversee the smooth running of the IT systems.Troubleshoot & assist the organisation in any IT matters or problems.In tune with all the new IT developments in the required fields.

15.000.000

25.000.000

Project Manager Degree

4

Plan,direct & execute project management activities for an area/division.Monitor progress against schedule & project budget.May allocate or assist in the allocation of appropriate resources to deliver project results.

20.000.000

30.000.000

http://forum.transtv.co.id/tendean/forum/forum_posts.asp?TID=5180&PN=1&get=last



E10-25, sebuah gebrakan baru dalam ber 10-25

Semenjak “ditemukannya” teknologi VoIP (Voice Over IP) beberapa tahun silam, beberapa tahun kemudian, tepatnya sekitar tahun 1999 seorang amatir radio asal Inggris G7WFM mengaplikasikan teknologi ini untuk menyambungkan radio komunikasi dengan internet. Dan inilah yang menjadi cikal bakal “masuk” nya dunia amatir ke dalam dunia internet yang kemudian dikenal dengan nama eQSO.

Saudara kami di ORARI telah terlebih dahulu melakukan experiment dengan eQSO ini di Indonesia untuk menghubungkan beberapa repeater dengan internet.

e10-252.jpg

Beberapa saat kemudian, seorang anggota RAPI asal RIAU (tapi domisili di Jakarta) JZ04EPW Om Deny, mengenalkan eQSO ini kepada anggota milist indonesian-citizens-band@yahoogroups.com dan mendapatkan sambutan cukup meriah dari member milist tersebut. Kemudian beliau melakukan percobaan dengan menggunakan PC beliau di rumah yang terhubung dengan internet untuk dijadikan sebagai RF gateway dan menghubungkan repeater BOGOR 143.550. Maka dari situlah, istilah e10-25 dipergunakan untuk menggantikan istilah eQSO.Teknologi e10-25 ini, seperti yang telah disebutkan diatas adalah pemanfaatan teknologi VoIP untuk dipergunakan dalam menghubungkan radio komunikasi dengan internet

Untuk menjadikan PC agar menjadi sebuah RF Gateway terhadap sebuah repeater, dibutuhkan sebuah software eQSO dan sebuah sound card yang terpasang dalam PC, disamping koneksi internet serta radio komunikasi (HT, RIG) beserta interface yang menghubungkan PC dengan radio. Radio yang terhubung dengan PC tersebut di set untuk dapat berkomunikasi dengan repeater yang bersangkutan.

Dengan adanya RF Gateway Repeater ini, sebuah contoh misalkan RF Gateway yang terpasang di Jakarta dan di set pada frekwensi repeater BOGOR (143.550), maka seorang netter dari negara manapun, asalkan mempunyai koneksi internet dan memasang software eQSO pada PC nya yang dilengkapi mic dan speaker, dapat melakukan 10-25 dengan rekan-rekan breaker di JABODETABEK yang menggunakan fasilitas repeater BOGOR tersebut.

Demikian sebaliknya, apabila ada sebuah station radio personal yang ingin menjadikan PC-nya sebagai gateway sehingga rekan-rekan di lokalnya dapat 10-25 dengan station lain yang terhubung dengan internet, dibutuhkan sebuah radio komunikasi yang terhubung dengan PC yang menjadi gateway.

Sehingga, rekan-rekan di lokal tempat stasiun radio personal tersebut (dalam bagan saya contohkan Jakarta) dapat ber 10-25 dengan rekan-rekan yang terhubung dengan repeater DURI RIAU karena di DURI RIAU rekan kita, JZ04EPW telah membuat RF Gateway yang terhubung dengan repeater DURI-RIAU.

Dilihat dari konfigurasi tersebut, dimungkinkan seorang breaker di Jakarta dapat ber 10-25 dengan rekan sesame breaker di Papua yang bekerja pada frekwensi VHF, bahkan bukan saja di Papua tetapi di negara lain dengan mengunakan e10-25.Secara garis besar dapat digambarkan keuntungan dan kerugian menggunakan e10-25 ini.

Keuntungan :

  • tidak terpengaruh dengan propagasi. Seperti kita ketahui bahwa propagasi di dalam dunia amatir radio khususnya HF (high frekwensi) adalah faktor penentu yang penting. Segede apapun power RF, sebagus apapun konstruksi antenna dan secanggih apapun perangkat, kalau propagasi lagi menutup artinya kegiatan ngebreak tidak dapat dilakukan dan berhenti sampai di situ.
  • radio komunikasi tidak mutlak diperlukan untuk dapat ngebreak. Dengan PC yang terkoneksi internet yang dilengkapi mic dan speaker dan terinstall software e10-25 ini, maka seseorang sudah bisa ngebreak dengan peralatan PC yang dimilikinya tanpa harus membeli sebuah radio komunikasi.
  • dapat menghubungkan para breaker VHF di berbagai tempat yang selama ini tidak mungkin dilakukan karena faktor geografis. Sebagai contoh, seorang breaker di Jakarta dapat melakukan 10-25 dengan teman-teman di DURI memakai frekwensi VHF.

Kerugian :

  • faktor delay. Seperti pengalaman saya beberapa hari terakhir memakai e10-25 ini, untuk melakukan 10-25 dengan menggunakan e10-25 ini dibutuhkan kesabaran yang tinggi. Karena adanya delay yang sedikit mengganggu bagi yang belum terbiasa. Disamping itu, cukup sulit untuk masuk ke dalam repeater yang sedang ramai, karena software e10-25 ini mensyaratkan frekwensi benar-benar sepi untuk dapat melakukan transmit.
  • dibutuhkan koneksi internet broadband. Sebenarnya semua jenis koneksi internet dapat digunakan, tetapi untuk dapat melakukan koneksi internet secara terus menerus dikarenakan PC yang digunakan berfungsi sebagai gateway maka koneksi broadband mutlak diperlukan, disamping alasan biaya yang lebih ekonomis apabila menggunakan koneksi broadband (dibandingkan dial-up).
disadur dari beberapa sumber :
– www.eqso.org
– eqso.orari.net



Upgrade my WordPress

Alhamdulilah, di sela-sela waktu yang tak kenal kompromi, akhirnya saya berhasil upgrade wordpress ini ke versi terbaru saat ini 2.3.1.

Disamping upgrade wordpress, sebuah plug-in Peter’s Custom Anti-Spam untuk mencegah spam pada comentar.
Semoga blog ini semakin menjadi bermanfaat untuk netter semua.




1 tahun umur Azka

Bulan ini, Azka sudah berumur 1 tahun. Sudah banyak perkembangan yang dicapainya. Walaupun memang, apabila dibandingkan dengan anak seusia dia, Azka mengalami keterlambatan. Saat ini, dia sedang belajar duduk sendiri. Apabila di duduk-kan dengan tangan menumpu pada lantai, dia bisa duduk untuk beberapa saat. Tetapi apabila tangannya yang digunakan untuk menumpu bergeser, dia belum kuat duduk tanpa tangan untuk menyangga. Sedangkan untuk meraih barang-barang yang agak jauh, Azka mengguling-gulingkan tubuhnya sehingga sampai di tempat barang yang ingin dicapainya.

Sekarang, dia sedang belajar memahami perintah orang lain. Seperti apabila “mbaknya” bilang “pusiiinggg” sambil pegang kepala, Azka kadang-kadang ikut pegang kepala. Alhamdulilah, sebuah kemajuan yang sangat pesat bagi seorang anak “special edition” seperti Azka, dimana sebuah virus CMV telah merusak sebagian fungsi otaknya.

Azka masih rajin mengikuti fisio teraphy di Unit Rehabilitas Medis, RSCM seminggu 2 kali (terima kasih kepada dr. Luh atas konsultasi yang diberikan, serta terima kasih kepada ibu Pipin yang setia melakukan teraphyst kepada Azka dengan sabar). Pengaruh dari fisio teraphy inilah yang menyebabkan perkembangan psiko-motorik Azka dapat berkembang dengan pesat.

Sudah sejak 2 bulan lalu, disamping terus melakukan konsultasi kepada dokter syaraf (terima kasih kepada dr. Hardiono Pusponegoro, Klinik Anakku – Kelapa Gading, atas konsultasi yang diberikan), Azka juga mengikuti terapi pengobatan herbal dari Prof.H. Juanda (Bogor). Azka tiap pagi minum ramuan herbal tsb 50ml. Menurut H.Juanda pengobatan mesti dilakukan minimal 3 bulan berturut-turut.

Sampai saat ini, kami belum melakukan test darah kepada Azka untuk mengetahui kadar CMV IgG dan IgM yang ada di tubuhnya, sekaligus membuktikan “keampuhan” ramuan herbal dari H. Juanda ini. Mungkin minggu depan akan kami lakukan test, dan hasilnya semoga segera bisa saya sharing.

Sejak saya menuliskan blog tentang kondisi Azka yang terkena CMV, saya telah menerima beberpa email maupun komentar dari para netter yang kebetulan mempunyai anak yang mempunyai kasus sama dengan Azka. Ada juga netter yang menjadi “korban” dari keganasan CMV ini.

Terima kasih saya ucapkan kepada anda semua yang telah sudi melakukan sharing kepada kami, sehingga penderitaan yang sama-sama kita alami, akan kelihatan tidak memberatkan, karena kita seolah-olah saling menanggu rasa itu.

Sekali lagi ungkapan haru dan tulus kami sampaikan, karena dengan sharing, sebuah penderitaan yang berat akan terasa ringan.

Hari ini, saya mendapatkan email dari seorang ibu di Jogjakarta yang putranya terkena CMV, beliau mengajak saya untuk membuat sebuah mailing list bagi orang tua yang mempunyai anak “special edition” seperti Azka. Sebuah ajakan yang sangat bagus tentunya, dan semoga mailing list tsb dapat segera terwujud, agar para orang tua dari anak “special edition” dan penderita TORCH pada umumnya dapat saling sharing sehingga nantinya dapat memberikan dukungan moral yang mampu membangkitkan sikap optimis di antara kita.