Tags

, , ,

androidSeperti yang sudah kita ketahui bersama, bahwa kebanyakan aplikasi screenshot di Android mengharuskan kita untuk melakukan rooting. Dan kita sadar bahwa dengan melakukan rooting, maka garansi yang diberikan oleh vendor resmi akan hangus. Kalau kebetulan garansi yang ada sudah habis, maka tidak menjadi masalah  melakukan rooting, tetapi apabila masih ada garansi yang berlaku, kita mesti berfikir ulang untuk melakukan tindakan rooting.
Langkah-langkah yang akan saya tuliskan di sini adalah berdasarkan Android SDK, sehingga syarat utama untuk melakukan screenshot ini haruslah terkoneksi dengan PC yang sudah terinstall Android SDK.

Android SDK

  1. Download file Android SDK di http://developer.android.com/sdk/index.html, pilih sesuai platform anda. (untuk Windows, silahkan pilih yang BUKAN file .exe, karena lebih mudah dalam proses installasi. Silahkan pilih android-sdk_r11-windows.zip )
  2. Install Android SDK, sesuai petunjuk yang diberikan.

Driver USB Android

  1. Silahkan download driver USB Android sesuai dengan vendor Android Phone anda. (Untuk HTC, anda bisa dapatkan di website HTC http://www.htc.com/sea/support.aspx , silahkan download aplikasi Application – HTC Sync for all HTC Android Phones & HTC Smart, yang di dalamnya sudah termasuk driver USB untuk HTC. Sedangkan untuk vendor yang lain, silahkan lihat di website resmi atau tanya Om google 🙂  ).
  2. Install driver USB Android.

Proses-proses installasi di atas sengaja tidak saya jelaskan, karena sudah banyak tutorial yang menjelaskan tentang langkah-langkah tsb.

Langkah-langkah untuk melakukan screenshot

1.Hubungkan Android phone dengan PC dengan menggunakan kabel data yang sesuai via USB.
2. Pada Android phone anda, aktifkan mode USB Debugging ( Setting -> Applications -> Development ) dengan cara “mencentang” pada option USB Debugging

usb-debuging

Setelah anda mengaktifkan mode USB Debugging, apabila installasi driver USB pada langkah 2 di atas sudah benar, maka pada Windows akan muncul notifikasi bahwa ada device baru yang terpasang.

3. Pada komputer anda, silahkan buka directory tempat file-file Android SDK, dan double klik file “ddms.bat” (biasanya di bawah directory android-sdk-windows\tools )

pic-3

Akan muncul tampilan seperti ini :

(perhatikan di bagian kiri, seharusnya akan muncul Android Phone anda di situ. Kalau tidak muncul, kemungkinan yang terjadi adalah, driver USB belum sempurna terpasang, atau anda lupa untuk meng-enable-kan USB Debugging)

pic-1

Kemudian, dari menu Device -> pilih Screen Capture seperti tampak pada gambar di bawah :

pic-2

4.  Dan….brada….anda berhasil meng-capture screen dari Android Phone kesayangan.

device_home

Dari cara tersebut di atas, sebetulnya sebuah cara yang mudah dalam melakukan capture Android Phone tanpa melakukan rooting. Tetapi tentu saja ada kelemahannya, yaitu anda harus terhubung dengan komputer yang telah terinstall Android SDK setiap kali anda ingin melakukan capture screen.

Semoga bermanfaat.


10,614 total views, 1 views today