Ada sedikit tips dari ustadz saya di Al Hikmah tentang cara Menghafal Qur’an, eits…tunggu dulu, jangan dikira ustadz-nya orang yg udah tua lho. He…he…dia orangnya gaul dan masih muda,  dan masih mo nikah besok tanggal 18 Oktober 2008 ini.

Selamat ya mas Ustadz (ha..ha…saya panggil “mas” ajah, biar kliatan lebih gaul dan akrab).  Untuk membuktikan beliau orang gaul dan gak gaptek, ada blog-nya di sini

Berikut ini tips-tips dalam menghafal Aql Qur’an

Kiat2 menghafal Quran

  1. Sebelum mulai menghafal Quran, yang perlu dipersiapkan adalah tekad yang kuat, soalny nnti pasti akan ada berbagai halang dan rintang, saat kita menjalaninya, klo kita sudah punya tekad kuat, insyaAllah halang dan rintang tersebut akan bisa dilewati, amien
  2. Langkah yg perlu dipersiapkan lagi adalah bacaan tilawah kita harus benar dan lancar dulu, soalnya klo kita belum lancar dan benar dalam tilawah, nnti akan bisa jadi kendala dalam proses menghafal. (indikator bacaan kita dah benar dan lancar adalah dengan kita menyetorkan bacaan kita (talaqqi) ke ahli quran )
  3. Klo niat dan tekad dah kuat, bacaan dah benar dan lancar, silakan memulai untuk menghafal. Awal hafalan bisa dimulai dari juz 1 sampe juz 30 atau jus 30-29-28 trus dr juz 1 lagi atau yang lain, yang penting istiqomah
  4. Hafalan kita harus kita setorkan ke ahli quran. Ini dikarenakan kalau kita menghafal sendiri, perasaan kita bacaan kita dah benar dan lacar, tapi setelah dicoba ke ahli quran ternyata bisa jadi hafalan kita hilang atau kurang lancar. hehe, pernah merasakan ini kan???hehehe
  5. Tiap orang mungkin mempunyai metode menghafal yang berbeda2, namun disini akan coba sodikin berikan sedikit pengalaman. Metode menghafalnya adalah kita saat setoran ke ust misalkan 1halaman atau 2 halaman, maka setelah kita setoran, kita tidak boleh nambah hafalan dulu klo hafalan yang kita setorkan belum benar2 lancar. Inilah kendala temen2 yang lagi menghafal yaitu biasanya ingin banget segera dapat hafalan yang banyak sehingga tidak memperhatikan hafalan yang sebelumnya. Ini yang perlu dihindari, klo memang dah lancar sih gpp, klo belum itu lo yang jadi masalah. Trus disarankan misalkan hafalan yang kita setorkan dah dapat 1/4 juz, jangan nambah dulu, lancarkan hafalan 1/4 juznya. KLo dah lancar, baru boleh nambah ke 1/4 juz berikutnya. Dan seterusnya, misalkan dah dapat 1/2 juz, lancarkan 1/4 juz terakhir, kemudian digabung dengan 1/4 juz yang awal. Trus misalkan dah dapat 1 juz, harus diulangi lagi sehingga 1 juz itu lancar, jangan nambah dulu, dst. OK
  6. Dalam proses menghafal, kita pasti akan menemui rasa kejenuhan, rasa malas dll. KLo misalkan gini, kita harus ingat dan camkan niat dan tekad yang tadi disebutkan di awal. Setelah itu, kita coba mengalihkan konsentrasi kerja otak kita (misalkan menghafal tu pake otak kiri), kita alihkan ke kerja otak kanan (misalkan kita baca2 ilmu Quran, denger tilawah, dll), intinya supaya kerja dari otak kiri ga terlalu kelelahan, maka harus diistirahatkan dulu, hehehe (bener ga ya), klo sudah merasa siap, baru mulai hafalan lagi.InsyaAllah
  7. KEEP ISTIQOMAH
  8. KLo ada tambahan dr temen2 silakan, OK, Moga manfaat ye, AMIEN

TETEP SEMANGAT , ALLAHU AKBAR

sumber : http://s0dik.multiply.com/reviews/item/18