atom-5.jpgAnda pernah mendengar PDA merk O2 ? dan mungkin sekarang jadi heran, kok O2 tidak ada lagi gaung-nya?
Jawabnya adalah, O2 sudah berganti nama menjadi MWG untuk wilayah Asia, selebihnya bisa anda baca di sini.
Beberapa minggu terakhir ini saya berkesempatan mencoba sebuah PDA buatan perusahaan asal Singapore ini, MWG Atom V.

Atom V Specifications
Operating System: Microsoft® Windows Mobile 6 Professional®
Processor: Intel XScale PXA 270 Processor at 520 MHz
Memory: 256MB Flash ROM, 64MB RAM
Cellular Data: UMTS (2100 MHz), Quad-Band GSM (850/900/1800/1900MHz), HSDPA 7.2Mbps (network dependant)
Wireless Connectivity: Bluetooth v2.0, 802.11b/g WLAN
Display: 2.8″ 265K QVGA TFT LCD
Radio: FM Radio with RDS
GPS: SiRF Star III GPS
Camera: 2MP camera
Weight: 133 grams
Dimensions: 116(L) x 59(W) x 14.95(D) mm
Talk time/life: Up to 3.5 hours talk time, up to 150 hours standby time (subject to usage)

Operating System dan Processor
PDA ini merupakan kelas middle end dengan spesifikasi yang lumayan komplit dikelasnya. Dikeluarkan di awal 2008 dengan operating system Windows Mobile 6 Professional menjadikan MWG Atom V ini bisa dikatakan tidak jadul (dalam urusan OS). Dengan processor Intel Xscale 520 MHz, walaupun gak cepet2x amat tapi lumayan tidak lemot banget.

RAM
Namun sayang, dia hanya mempunyai RAM 64MB yang mempunyai kemungkinan bermasalah apabila kita menginstall aplikasi yang banyak dan menggunakannya dalam waktu yg bersamaan. (beda dengan PC, bahwa RAM bisa kita upgrade sendiri).
Maka dari 2 kombinasi di atas yaitu Processor kelas pas-pasan dengan RAM yang cuman 64 MB boleh dibilang PDA ini agak lemot. Paling tidak saat saya coba, kok rasanya ada waktu untuk nunggu beberapa mili detik agar sebuah aplikasi dapat dibuka.

Tampilan
Untuk tampilan MWG Atom V memang kelihatan gagah dengan design warna hitam menjadikan PDA ini kelihatan macho banget.

Koneksi
Kelebihan lain adalah dengan dilengkapinya PDA ini dengan koneksi HSDPA, dimana PDA sekelasnya (dengan harga yang sebanding) tidak memiliki HSDPA ini.
Selain 3G, MWG Atom V juga dilengkapi Bluetooth dan Wifi yang saya kira adalah fasilitas standar perangkat komunikasi jaman sekarang.
GPS
Satu hal lagi yang menarik adalah adanya GPS built in di dalamnya, walaupun aplikasi yang menyertainya (GPS Tracking) kadang2x crash dengan sendirinya.
Untuk locating satelite cukup lumayan cepat, asal kita berada di posisi terbuka terhadap langit. Sampai saat ini saya belum mencoba explore lebih lanjut tentang GPS ini, meningat software bundle yang ada padanya (GPS Tracking) kadang2x crash.

Camera
Sebuah kamera 2MP merupakan kamera yang jelek menurut saya, karena gambar yang dihasilkannya masih bagusan gambar dari ponsel seharga 2 jt-an. Dan menjadi useless karena camera tsb hanya 1 buah terletak di belakang. Mestinya, kalau sebuah PDA dilengkapi dengan fasilitas 3G, dia harus memasang 1 camera lagi di depan untuk keperluan video call. Sehingga, keberadaan camera ini menurut saya tidak ada gunanya, dan malah lebih baik dihilangkan biar dapat menekan harga.

Bateray
Mengenai bateray, MWG Atom V lumayan awet apabila hanya mode phone saja yang aktif (bluetooth, Wifi serta GPS dimatikan) dapat bertahan 2 hari tanpa di charge. Tetapi, dia bisa sangat boros bateray apabila kita menggunakan Wifi atau Bluetooth atau bahkan GPS tracking aktif. Pagi hari full charge, sore hari udah habis sama sekali.

Mode Telephone
Dari beberapa kelebihan yang ada, sungguh sangat disayangkan MWG Atom V tidak memperhatikan kualitas suara telephone baik speaker maupun mic. Hal ini berdasarkan keluhan lawan bicara saya yang selalu mengatakan suara saya tidak kenceng (padahal saya udah hampir teriak2x ), serta suara lawan bicara kita di speaker yang terdengar cempreng.

Secera keseluruhan saya menilai MWG Atom V
Kelebihan :

  • Harga cukup murah dikelasnya
  • Operating system sudah maju (windows mobile 6)
  • Koneksi lengkap, bluetooth,wifi, 3G
  • GPS built in

Kekurangan:

  • Processor yang nanggung
  • RAM yang kecil
  • Agak lemot
  • Camera yang useless
  • Kualitas suara speaker maupun mic yang kurang bagus

873 total views, 1 views today