IC-2200HSatu bulan terakhir ini saya berkesempatan untuk menggunakan sebuah VHF Tranceiver ICOM IC-2200H. Radio ini mulai diproduksi oleh ICOM pada tahun 2003 dan sejak itulah RIG VHF yang mempunyai RF power 65 watt ini menjadi produk yang laris manis di pasaran. Salah satu indikasi akan hal ini adalah, sampai saat ini (akkhir 2007), radio ini masih tetap diproduksi oleh perusahaan asal Jepang tersebut.

Range Frekwensi

Frekwensi yang ter-cover oleh radio ini adalah TX: 136.000 – 174.000 MHz, dan RX: 118.000 – 174.000, sebuah range yang sudah umum di dalam dunia amatir radio.

Power Output

Secara umum, IC-2200H ini mempunyai kemampuan yang hampir sama dengan radio di kelasnya, seperti Kenwood TM-271, Yaesu FT-2800. Ketiga radio ini mempunyai RF power yang hampir sama, yaitu di kisaran 60 Watt.

Namun IC-2200H ini “mencuri’ perhatian dengan menaikkan sedikit powernya, yaitu pada 65 watt. Disamping itu, pilihan power yang lebih banyak dibandingkan RIG dikelasnya dengan memiliki 4 buah pilihan RF Power :

  • Low (5 W)
  • Middle Low (10 W)
  • Middle (25 W)
  • High (65 W)

Beberapa saat yang lalu, saya pernah ber 10-25 dengan teman di Karawang Selatan dengan menggunakan Middle Power (25 W) dan diterima sempurna dengan report signal full di sana. Walaupun RF Power bukan satu-satunya faktor yang mempengaruhi dalam hal ini. (faktor lain yang sangat penting adalah antenna).

Receiver

Saya merasa kesulitan untuk membandingkan kualitas receiver RIG ini dengan radio yang lain, dikarenakan saya tidak memiliki RIG yang lain yang terpasang pada station saya.

Namun secara global, receiver IC-2200H ini bisa dibilang sangat memuaskan, baik dalam kepekaan maupun toleransi terhadap spletteran.

Hal ini terbukti dengan berhasilnya saya ber 10-25 dengan rekan-rekan jauh, seperti Karawang, Sukabumi serta daerah Serang Banten tanpa kesulitan walaupun saya hanya menggunakan antenna dengan ketinggian 10 meter di atas tanah.

Disamping itu, selama ini saya tidak pernah merasa terganggu dengan adanya splatteran yang ada di saat saya sedang ber 10-25 dengan rekan-rekan.

RF Attenuator

Mungkin yang sedikit membedakan dengan radio di kelasnya, adalah bahwa IC-2200H ini mempunyai fungsi RF attenuator yang tergabung dalam tombol squelch. Secara awam mungkin fungsi ini akan terlihat sama dengan squelch, mengingat cara setting-nya menjadi satu dengan tombol squelch.

Modulasi

Sepertinya, modulasi yang dimiliki oleh RIG keluaran ICOM generasi akhir (sejak IC-2000, IC-2100), memiliki keunggulan dibandingkan dengan radio di kelasnya.

Saya pernah mendengarkan modulasi saya sendiri, dari rekaman yang dilakukan oleh lawan bicara saya. Dan memang terbukti modulasi yang dihasilkan IC-2200H ini lebih bagus dibandingkan dengan modulasi radio lain yang kebetulan saat itu ikut juga direkam. Modulasi yang dihasilkan cenderung menonjol dan seimbang antara bass dan treble-nya, sehingga walaupun signal kita S-0 diterima oleh lawan bicara kita, maka dengan adanya modulasi yang menonjol ini, lawan bicara kita dapat menerima pancaran kita dengan baik.

Audio

Salah satu kekurangan dari IC-2200H ini mungkin faktor audio. Audio yang dihasilkan cenderung “cempreng”, tetapi hal ini tidak menjadi sesuatu yang mengganggu (mungkin karena selama ini saya menggunakan Kenwood yang memang terkenal dengan audio yang “empuk”).

Untuk “mengakali” audio ini, saya mencolokkan speaker external bekas pasangan dari sebuah speaker aktif dan hasilnya cukup memuaskan. Audio yang dikeluarkan menjadi lebih empuk, lebih nge-bass dan sudah mirip dengan audio yang dihasilkan oleh Kenwood.

Pengoperasian Fungsi

Semua pengaturan fungsi dapat dilakukan dari hand mic standart (HM-133V) dengan mudah. Mungkin bagi orang yang belum terbiasa menggunakan product ICOM, akan sedikit merasa canggung untuk melakukan pengaturan fungsi, tetapi semua itu harusnya bisa diatasi karena manual book yang disertakan sangatlah mudah untuk dimengerti oleh orang awam sekalipun.

Memory

Memory yang disediakan sangat banyak, yaitu 200 memory. Dan ini saya kira lebih dari cukup untuk ukuran saya sebagai breaker biasa. (karena selama ini, saya menggunakan Kenwood TM-241 yang hanya memiliki 20 memory dengan hanya menyisakan 3 buah memory yang bisa digunakan untuk free duplex).

Disamping memory yang cukup banyak, IC-2200H ini juga dapat menyimpan karakter/huruf untuk menggantikan tampilan angka-angka frekwensi pada memory.

Secara umum, saya cukup puas terhadap IC-2200H ini dan masih banyak lagi feature yang lebih bagus tetapi saya belum bisa memberikan review dikarenakan belum banyak hal yang bisa saya explore di IC-2200H ini.

Untuk tetap menjaga suhu final tetap dalam keadaan yang “tidak terlalu panas”, saya memasang sebuah kipas kecil (yang biasa digunakan untuk CPU). Karena, setelah saya amati IC-2200H ini kalau kita pakai dengan power high (65 W) dalam waktu transmit yang cukup lama, pendinginnya akan terasa cepat sekali panas.

Harga pasaran untuk kondisi second saat ini (akhir 2007) berkisar antara 1.2 – 1.3 jt. Dan dengan harga tersebut, lebih baik anda membeli dengan kondisi baru, karena harga baru di Glodok adalah 1.4 juta.

Trackback

185 comments untill now

  1. MAs bisa gak bantu saya tuk membelikan harga glodokitu soalnya saya ingin memakai produk ini..tapi tenttunya dengan kualitas bagus serta asli..maklum pasarnya glodok hehehe

    kira2 berapa mas 1,4 juta plus ongkos kirim ke aceh (ato free kali yah )

  2. agungudik @ 2007-11-26 08:52

    Om Didi …
    Sepertinya, harga barang elektronik di Indonesia hampir sama di setiap daerah.
    Buktinya, saya pernah lihat sebuah iklan di internet, radio ini dijual dengan harga yg sama dengan Glodok, padahal toko yg ngiklanin tsb ada di Surabaya.
    Bahkan, saya pernah dapet info dari seorang teman di Kalimantan, harganya sama persis, bahkan lebih murah 50 ribu dibanding harga yang saya dapat.
    So….kayaknya bukan issue yg besar kok, kalo harga di Aceh.
    Thk
    JZ09EZN/Agung

  3. Mas, saya mo tanya. Menurut Mas gimana ICOM 2200H di “compare” sama Alinco DR135MKIII, kan harganya gak jauh beda tuh ! Soalnya saya bingung nih milih antara kedua merek itu.
    Trims banyak ya untuk infonya…

  4. agungudik @ 2008-01-24 09:50

    Mas Natan….
    Kebetulan, saya belum pernah mencoba “Alinco DR135MKIII”. Saya dulu pernah punya Alinco DR150. Beberapa bulan saya pake Alinco DR150 tsb,, yang pada akhirnya radio tsb saya “tuker” Kenwood TM-241.
    Salah satu alasannya waktu itu adalah, selama pake DR-150 receive yang dimiliki kurang begitu bagus, bahkan boleh dikatakan “agak budeg” tuh radio. (tapi mungkin ini kasus pada radio saya saja).
    Nah…kalo DR-135 yang merupakan “saudara” dari DR-150, melihat spec yang ada, ternyata dia “hanya” mampu keluar 50 Watt, menurut saya lebih memilih ICOM IC-2200H yang bisa 65 Watt.
    Memang sih, harganya agak murah dibanding IC-2200H. (kalo gak salah, DR-135 sekitar 1.1 jt-an).
    Tapi, semua terserah anda. Kalo untuk dipasang di mobil, mungkin DR-135 lebih cocok, karena body-nya yg sedikit ramping dan harga yg murah.
    Tapi kalo utk based station, mending pake dari ICOM atau Kenwood.

    Thk.
    Agung Ud
    JZ09EZN

  5. Mas, saya mo tanya lagi boleh gak ? Bagaimana menurut Mas untuk ICOM V8000 di banding IC2200H, selain power outputnya yang lebih tinggi 10w dan V8000 sdh dilengkapi dengan kipas pendingin. Berapa kira-kira harga V8000 ini? Saya dengan walaupun power hanya terpaut 10w tapi harga bisa selisih 300rb. Bagaimana menurut pendapat Mas? Trims untuk infonya..

  6. agungudik @ 2008-02-03 06:51

    @Natan
    Kalau memang ada “uang lebih”, ya silahkan memilih V8000. Soalnya V8000 itu, “kelas enterprise”-nya VHF punya ICOM :-)
    Apalagi V8000 udah ada kipas built in, terus speaker ada di depan (jadi kalo anda pasang di mobil dengan menempatkan di tempat tape mobil, suara-nya masih kedengeran).
    Kalau masalah harga, saya gak tahu persis. Kayaknya lebih deh kalo selisih cuman 300 ribu. Soalnya kalo gak salah (mungkin saya salah), V8000 harganya di kisaran 2 jt rupiah.
    Tapi gak tahu juga, kalo anda mendapatkan harga yg lebih murah, berarti itu rezeki anda :-)

  7. mas ihsan @ 2008-02-12 14:50

    mas aku pingin tahu plus minusnya Yaesu FT-2800, soalnya aku tertarik dengannya , oh iya harga baru sekarang kisaran berapa? dan kalau secand berapa ya ?

  8. agungudik @ 2008-02-12 15:03

    @mas Ihsan…
    Saya sempat memakai Yaesu FT-2800, tapi hanya 2 malam :-) Jadi, mungkin tidak bisa memberikan review yang obyektif.
    Namun, dalam kesempatan 2 malam tsb, saya bisa memberikan sedikit “catatan merah” untuk kualitas modulasinya.
    Beberapa kali saya ber10-25 dgn temen2x saat itu, selalu diberikan report bahwa modulasi saya terlalu treable dan “cenderung” tertinggal. (mungkin lebih pas-nya agak cempreng dan mendem).
    Saya hanya sempat mereview itu saja sih, sedangkan yang lain belum sempat “menyentuh” sama sekali, karena ya itu tadi, hanya diberi kesempatan pakai selama 2 malam :-).
    Ok…..sstt..kalo boleh usul, jangan ambil dah …:-), daripada nanti anda mesti beli Mic Compressor terpisah utk “mengkoreksi” modulasinya.
    He…he…tapi, ini hanyalah pendapat pribadi saya, dan bisa jadi kebetulan radio FT-2800 yang pernah saya coba itu ndilalah agak bermasalah.

  9. mas ihsan @ 2008-02-15 00:32

    makasih mas agungudik atas informasinya,
    aku kemarin tanya ketoko di solo juga disarankan selain itu atau seri pendahulunya saja lebih murah dan bandel yaesu ft-2400,
    Tapi sekarang kadi tertarik ke icom ic-2200 saja, Tapi itu icom bisa belum untuk untuk internet seperti punyaan yaesu 2800 ?
    ada masukan ? makasih …..
    Salam…..

  10. agungudik @ 2008-02-15 09:42

    @mas Ihsan
    Betul, IC-2200H tidak dilengkapi dgn teknologi WIRESâ„¢ (Wide-Coverage Internet Repeater Enhancement System) seperti Yaesu FT-2800M.
    Buat apa sih mas :-). Saya aja yg orang IT, tiap hari ibaratnya selalu ON ke internet, tidak tertarik dgn itu :-). Kalo mo komunikasi mah, enakan pake YM. He..he…he….
    Kalau mo konek ke WIRES repeater atau other Internet-linked repeaters using DTMF tone access khan sekarang udah ada eQSO :-) (atau e10-25 kalo di RAPI). Jadi saya kira point teknologi WIRES sih bukan merupakan value added yg menjadi prioritas.

    Tapi IC-2200H bisa untuk mode digital kok, tapi mesti beli unit terpisah (UT-118).
    Ini nih pernyataan dari ICOM :

    Optional digital unit, UT-118

    The optional UT-118 provides digitally modulated and demodulated clear voice and data communication at 4.8kbps. Store up to 6 of your own callsigns, and up to 6 more from other stations. Or instead of recording a callsign, record any message of up to 20 characters. You may then make a call by sending one of your callsigns or a recorded CQ message. The digital callsign squelch allows you to choose an incoming call selected by the callsign. When connected to an external GPS receiver*, position information may be exchanged with other stations.
    * NMEA 0183 output and RS-232C interface are required.

  11. Harga second-nya berapa ya

  12. agungudik @ 2008-04-04 09:26

    @Om Gumpes ….
    Sepertinya harga second IC-2200 ini masih agak tinggi. Sebagai acuan, IC-2100 (adik-nya) saja berkisar 1.1 – 1.2 jt.
    Lha kalo harga segitu dapet second, mendingan beli baru 1.4 jt udah dapet.
    Dijamin puas lahir batin. He…he…he…

  13. masaku mau beli gimana. aku sanagt seneng bangget dg ic 2000 lho

  14. wisma purwadi @ 2008-04-16 11:15

    saya kemarin th. 2006 dah beli yaesu ft 2800, pas 1 th rusak power outputnya klau di HI power sama dengan lo nya, aku sempat serviskan kemana-mana tapi kenyataannya tidak bisa kembali seperti semua (power HI dan LO keluarnya sama), mungkin mas punya solusinya… ??

  15. agungudik @ 2008-04-16 11:19

    Bisa jadi, itu transistor RF Powernya udah kena mas. Sayangnya, saya belum punya pengalaman pake FT-2800 seperti yang anda alami.
    Mungkin ada baiknya bawa ke tempat yang “baik dan “benar” :-)
    Atau, kalo anda di Jakarta, masukkan aja ke Mirusa. He…he….tapi, siap2x kena biaya “lebih” ya……
    Oh ya…ntar kalo udah jadi (normal kembali), sebelum On Air, ada baiknya anda cek dulu antenna anda. Sepertinya ada yg gak beres dengan antenna anda, cek SWR-nya deh.

  16. jz08evw-kipli @ 2008-04-19 21:20

    mas, aku malah tertarik sama icom v8000nya tuh.. kalo boleh nanya, untuk ketahanan pesawat, bagus mana tuh antara 2200H sama v8000, maintenancenya mudah dan murah mana, semisal final jebol. Kita biasa pake buat racing.. saya tunggu sarannya. 23!

  17. jz08evw-kipli @ 2008-04-19 21:23

    mas, nanya lagi.. tau nda cara ngakalin display Kenwood TR 7950 yang buyar, kalo saya amati..tulisan di display itu buyar kalo panas. nah.. piye kuwi.
    Oh ya, maturnuwun 14nya..

  18. Achmad Dahlan @ 2008-04-20 20:20

    Mas saya juga dulu pernah pake IC2100 waktu itu keren banget, saat ini saya ingin coba lagi ngebrik… berapa kisaran RIG saat ini baru + antena Yagi baru juga (yg lokal aja) salam

  19. agungudik @ 2008-04-21 09:05

    @jz08evw-kipli
    Kalau saya boleh milih, antara V8000 dengan IC-2200H, ya saya pasti milih V8000. Karena dia punya power lebih besar, dan speaker ada di depan, jadi pas kalo di taruh di tempat tape di dashboard mobil. Sama halnya, anda di suruh milih Toyota Camry atau Toyota Soluna ? he…he…pasti milih Camry lah yau :-).
    Kalo masalah maintenance sih, kayaknya sama aja kok, khan ini beda dengan mobil. Kalo mobil, mesti ganti oli dsb. Lha kalo radio, ya gak perlu maintenance aneh2x. Asal pake-nya bener sih, dijamin aman dan awet.

    Untuk masalah display yg buyar, mohon maaf, saya dulu pernah pake juga Kenwood TR-7950, dan display saya dulu bukan hanya buyar tapi malah mati:-) So….saya jual lagi (karena gak tahu cara betulinnya he…he….)

    @Achmad Dahlan.
    Betul sekali penilaian anda, bahwa IC-2100 saat ini mempunyai reputasi yg bagus dalam brand Icom, walau udah ada generasi penerusnya (IC-2200H). Kata orang sih, si IC-2100 itu bandel, mudah di adjust ke power gede, dsb, dsb. Sehingga itulah yg membuat dia mempunyai daya tarik sendiri.
    Namun sayangnya, saat ini IC-2100 udah gak diproduksi lagi ama Icom (discontinued), Icom telah menciptakan product penggantinya yaitu IC-2200H (seperti yg saya pake saat ini he…he..).
    Jadi, anda sudah tidak bisa lagi mendapatkan IC-2100 yang baru, dan yang anda bisa dapatkan kalau ‘fanatik’ sama IC-2100 adalah dalam kondisi second, dengan harga kisaran 1 jt – 1.3 jt.
    Coba pikirkan dalam2x, apakah anda rela merogoh uang segitu hanya untuk mendapatkan barang ‘bekas’ ?

  20. JZ 04 AAY @ 2008-04-26 19:49

    salam rapi om 5155
    gini om saya baru main di radio.nah terus saya tertarik ada rekan yang main link ke komputer.nah saya pengen tau gimana ya om caranya.terus dia pakai kx sound blaster.jadi bisa bagus mgitu om modulasinya.saya pake rig ic 2100.apa aja lat yang dibeli dan bagai mana caranya.gitu om.makasi om

  21. JZ 04 AAY @ 2008-04-26 19:54

    om nanya lagi.display rig ic 2100 say uda putus putus tulisannya.nah jadi kira kira apanya ya om.terus mahal gak om.nah dimana kl saya cari spare part nya.thanks ommm.

  22. salam kenal
    Om Agung pakai perangkat IC-2200H sedangkan antenanya pakai apa om?

    trim’s

  23. agungudik @ 2008-05-15 09:48

    Salam kenal balik Om Totok. Betul, saya saat ini pake IC-2200H dan karena kesibukan saya akhir2x ini, saya jarang sekali menghidupkan radio, sampai radio saya kelihatan kotor banget kena debu, he..he..he..
    Untuk antenna, saya pake antenna modifikasi. Dari antenna HyGain Lokal, kemudian ditambah panjangnya sehingga menjadi 3 x 5/8 lamda, tentu saja loading coil-nya juga diganti.
    Antenna tsb terbukti pernah menang pada saat dicoba racing dengan Diamond F-23 (build in/import).
    Tapi…bukan saya yg bikin, temen saya yang memang kerjaannya tukang bikin antenna..he…he…saya mah gak sempat lagi begituan, urusan saya udah banyak, yang penting saya tinggal pake ajah.

  24. Saya juga pakai rig ICOM 2200H,pokonya puas deh seperti yang mas ungkapkan di sini tadi,salam kenal mas,dari saudara mu di atjheh..

  25. Kalo bikin display pengganti buat 7950 mah gampang. Sapa mo belajar kirim imel ke aku. Soal 2200H, emang ciamik soro alias buagussss banget

  26. sy tertarik ni sm produk dimana sy bisa mendapatkannya mohon informasinya,sy baru tau enknya ngebreak. by ary ternate

  27. agungudik @ 2008-06-27 15:32

    Beli IC-2200H?
    Wah banyak banget mas tempatnya, anda bisa beli di Harco Glodok. Di sana banyak toko, silahkan tawar2x sendiri sampai mendapatkan harga termurah.
    Tapi kalo rumah anda di Ternate, ya..mohon maap, saya blum pernah ke sono, jadi gak tahu dimana toko yang menyediakan alat komunikasi :D :D

  28. mahameru @ 2008-07-13 03:10

    Mas, saya berencana akan membeli HT VHF, namun saya kurang begitu banyak tahu mengenai perkembangan jenis2 HT terbaru, khususnya merek ICOM. Saya berharap mas berkenan membantu saya dengan memberikan rekomendasi tentang type HT merk ICOM (VHF) yang masuk kategori “kelas enterprisenya” HT ICOm untuk type2 yang belum discontinued. Terima kasih.

  29. agungudik @ 2008-07-14 10:06

    Mas Mahameru….
    Silahkan pilih sendiri di http://www.icomamerica.com/en/products/amateur/handheld/v82_u82/default.aspx

    Saat ini, kebetulan saya pake HT ICOM V-8, HT yang cukup bandel dan lumayan bagus untuk kekuatan sinyalnya.
    Hanya saja, bentuk fisiknya yang lumayan gede bila dibandingkan produk2x Yaesu yang mungil-mungil dan lucu :-) (he…he…kalau ada uang, dan anda menyukai style, silahkan beli VX-5R atau VX-6R product Yaesu).
    Untuk V-8 milik saya tadi, sekarang udah discontinued, udah banyak product penggantinya, silahkan liat di URL yang saya tulis di atas.
    Mengenai harga, he…he…sekali lagi, silahkan langsung hunting sendiri ke Harco Glodok lantai 2.
    OK ?

  30. gara2 saya di kasih warisan 25A ,jadi keasikan,nah sekarang saya pake Ft 2800m apakah ini bisa di bilang sebagai saingan dari 2200H?
    thank you

  31. mahameru @ 2008-07-16 08:30

    Selamat pagi mas. oh ya.. kalo menurut mas sebagai orang yang lebih mengerti tentang perangkat komunikasi dibandingkan saya, Icom IC-V 8 dan IC-V 82 bagusan mana dari berbagai segi tentunya ? Terima kasih.

  32. agungudik @ 2008-07-16 08:45

    @Om Slamet …
    Yaesu FT2800 sepertinya sekelas dengan ICOM IC-2200H.
    Jadi bisa dibilang saingan :-). Adapun masalah “lebih bagus mana?”, ya…sama-sama baguslah. Mereka (Yaesu dan ICOM) khan perusahaan besar dan kondang, masak bikin product gak bagus?
    he…he…..

    @Om Mahameru.
    Kalau menurut spesifikasi yang ada, ICOM-V8 khan hanya 5Watt, sedangkan ICOM-V82 khan bisa sampe 7 Watt.
    Dan lagi V8 sekarang udah discontinued, anda hanya bisa mendapatkan ICOM-V8 second, karena ICOM sudah “menciptakan” pengganti-nya, yaitu ICOM-V82.
    Jadi kalo mas Mahameru mo beli HT baru, ya..pilihannya V82 atau V85 (karena V8 udah discontinued).
    Atau gak pingin coba product Yaesu? anda bisa coba VX-5R ata VX-6R. (he…he…saya aja ngimpi pingin punya VX-6R lho :D )

  33. Kalau masalah Radio itu selera masing-masing yang penting kondisi antena dan kabel coex dulu yang perludiperhatikan baru kita berinjak masalah power mau yang mana itu tergantung yang penting antenanya anda fix kan dulu/ kalau power gede antenanya tidak mendukung kan percuma power yang dipancarkan akan mengalami kerugian yang cukup besar kalau antena mendukung power 5 watt pun bisa lari untuk teman-temanku sekalian perhitungkan dulu antena yang kita miliki dulu ( mensing 1.1 ) dengan nilai power yang dikeluarkan sesuai karakternya dengan data pada radio.
    Hanya saran saja teman-teman.

  34. Ass.wr.wb. Mas Agung, mo nanya: Aku ditawari IC V8 bekas. Tuk ngecek kualitasnya gimana? Dia minta 500 rb. Masak sih harga sekonnya segitu. Trims. Salam buat Echa.

  35. agungudik @ 2008-08-14 15:10

    @Chandra….
    IC-V8 bekas, emang pasarannya sekitar 500 ribu, tapi harga segitu barangnya bagus banget, bisa di bilang mulus, gak boleh ada bocel-bocelnya.
    Trus..mesti pastikan Powernya masih utuh (5 atau 6 watt yach? aku lupa).
    Juga, receivernya masih bagus.

    Ok, salam disampaikan. Kapan main ke Jakarta lagi ?

  36. ASS.WR.WB
    Om Agung saya tinggal di bali & salah satu pemain baru & belum tahu banyak soal RIG yg bagus ( maklum wong ndeso )…..,tp saya sangat tertarik & pingin punya yg namanya IC-2200H. Dari referensi yg saya dapet ( termasuk dari forum ini) kayaknya praduk ini mempunyai kualitas & harga sreg dgn saya.
    Tapi ya itu….. di bali kayaknya susah dapetin IC-2200H, saya coba tanya2 ke MIRUSA tapi lg gak ada barang…… waiting list… Di saranin pake V8000, tapi finansial belum nyampe ke itu he…he… he…. Punya saran yg TOK CER gitu Om….. Terima kasih….

  37. agungudik @ 2008-08-20 09:58

    @om Mugi, wa ‘alaikum salam
    Masak sih, IC-2200H susah di sono?
    Mungkin Om Mugi bisa jalan2x ke Surabaya, saya yakin di pasar Genteng stocknya melimpah. (daripada ke Jakarta terlalu jauh :D )
    Kalo MIRUSA bilang kagak ada barang, berarti beneran gak ada barang baru yang datang, karena MIRUSA sepertinya distributor tunggal ICOM di Indonesia. (ini menurut pengetahuan saya lho, jadi toko2x di Glodok mungkin ngambilnya ke Mirusa semua).
    Yach…sabar aja, bisa jadi karena urusan bea cukai sekarang yg lagi ketat, sehingga menghambat masuknya barang.
    Btw, V-8000 bagus kok, mending tambahin duit aja biar dapet V-8000 he…he…he..

  38. blie_awan @ 2008-08-22 16:43

    Salam kenal,
    numpang lewat untuk breaker baru…
    dan dari ilustrasi diatas saya klop dengan Icom 2200 E dan
    kemaren 20-08-08 saya hunting ke glodok, harga icom 2200H kok mahal ya, 1.6 jt paling bisa kurang 50 rb aja, tapi mesti hati2 jangan sampai mic nya dituker bukan original.
    kalo harga V8000 udah sampai 1.9 juta..
    apa ada yang bisa nyariin icom 2200H harga 1.4 ????
    matur nuwun…

  39. sore om agung,kayaknya makin asik di sini walaupun jarang untuk pantau namun lumayan lah bisa nambahin ilmu tentang radio dll nya..

    om ,saya mau nanya :
    saya blom punya callsign gmn untuk pengurusan nya di jakarta

    thx u

  40. Permisi numpang ngiklan. Saya mau jual Radio CB Icom ic-2200H + power supply + antena. Baru pakai 3 bulan. Kuitansi masih ada. Jarang pakai, tidak ada waktu. Mau jual 1,6 jt. Foto bisa dilihat di website atau bisa saya kirim by email.

    Barang ada di Taman Galaxi Bekasi. Hub : Susy 70206767

    Makasih banyak.

  41. agungudik @ 2008-08-25 09:21

    @blie Awan ….
    Harga 1.4 jt itu, utk 1 tahun yang lalu saat BBM blum naik blie.
    Bisa jadi karena BBM naik, maka harganya dinaikin ama dealernya. Atau bisa jadi karena banyak peminat, maka harganya dimainin ama dealer.
    Kalo menurut aku sih, daripada IC-2200H harga 1.6, mending beli V-8000 yang 1.9 jt (khan hanya selisih 300 rb tuh), tapi ya..terserah anda sih …he…he..

    @Om Slamet…
    Anda Jakartanya mana? Timur,Selatan,Barat atau Utara? trus kecamatannya mana?
    Anda bisa menghubungi Pengurus Lokal RAPI setempat.

    @mbak Susy….
    Emang ada ya, radi CB Icom IC-2200H ?
    he…he…kayaknya anda salah tulis atau emang kurang paham dengan barang yang anda jual?
    btw, kalo IC-2200H kayaknya terlalu mahal kalo 1.6 jt dgn kondisi second.
    (he…he..ini just sharing ajah)

  42. di jaksel,tapi ktp saya masih dari daerah,…bisa pak ga yah om.thx u

  43. KRISWANTO @ 2008-08-29 12:58

    mas agung, saya dapat info ga’ tau bener ato tidak, saya coba tanya-tanya tentang IC-2200H dan IC-V8000 di glodok dan saya disarankan untuk pake IC-2200H karena “katanya” klo IC V-8000H itu dipakai di luar (freq) 14x.xxx rf power turun/drop sampe 50w apakah itu benar? mohon pencerahan
    info harga bagi yg cari IC-2200H 1.650 (glodok/mirusa), V-8000 1.775 (mirusa), 1.9-2jt (glodok)

  44. KRISWANTO @ 2008-08-29 14:29

    SEKEDAR SARAN, klo cari radio rig ato yang lain lebih baik main ke mirusa ham shop aja dulu di belakan pomdam jaya (guntur) sukur-sukur dapet barang lawas tapi masi baru, saya pernah beli external speaker dikasih yg daiwa = Icom SP-10 cuma 40rb dipasaran sampai 100rb itu juga dikasih yang TW/Cina punya dan kurang mantab/ringkih ngeliatnya , cuma klo dibilang barang ga ada, ya ga da beneran karena glodok juga ambil barang dari mirusa, selisih harga khan bisa buat tambahan bli accs yg lain jadi lebih hemat cuma sayangnya mirusa hanya sedia Icom ama Yaesu, emang sih bagi yg ga sabar nunggu/indent barang enakan ke glodok banyak pilihan and banyak tokonya, tapi dari pada kejadian seperti disebut blie_awan (38.red) kan kita ga bisa awasin terus tuh barang sapa aja yg pegang jadi kemungkinan tsb ya pasti ada gitu lo….. (he he he ….. )
    makasih om JZ10G …….

  45. KRISWANTO @ 2008-08-29 15:41

    Untuk om blie_awan coba link ini http://www.bekas.com/ads/class/290/716?from=60 paling bawah no.75 tapi second saya blom sempet tanya kondisinya tapi kasih harga 1.4jt coba aja di call kali bisa turun ceeriooooo….

  46. mirusa dimana om kris?
    alamatnya dong
    sapa tahu saya mau nyari2

  47. yose rizal rustam @ 2008-09-03 01:25

    mana yg bagus icom V8ooo sama kenwood Tm271A

  48. Mas Agung, IC-2200H saya sudah terjual. Pembelinya tau iklan tsb dari blognya Mas Agung. Dan pada hari yang sama ada 1 peminat lagi, taunya juga dari sini. Terima kasih ya Mas, sudah diijinkan beriklan.

    Sukses selalu buat Mas Agung dan kawan-kawan lainnya.

  49. agungudik @ 2008-09-03 15:14

    @ mbak Susi …
    Terima kasih kembali, saya ikut senang bisa membantu orang lain.

  50. kok jadi tempat iklan mas?

  51. KRISWANTO @ 2008-09-04 14:16

    @ mas slamet ….
    MIRUSA HAM ELEKTRONIK.PT. JL.GUNTUR NO.34 JAKARTA SELATAN Phone : 8291900

    @ mas agung mana nih reviewnya he he he ….. ditunggu yach

  52. agungudik @ 2008-09-08 09:43

    @Om Slamet ….
    Terima kasih sudah mengingatkan….
    Sebagai tindak lanjut dari usulan anda dan juga tetap menjaga “kemurnian” blog ini, komentar2x yg berbau iklan, sudah saya delete.
    Terima kasih semuanya dan mohon maaf, kalau mau beriklan silahkan ke situs khusus iklan.

  53. KRISWANTO @ 2008-09-08 11:02

    mas agung, saya dapat info ga’ tau bener ato tidak, saya coba tanya-tanya tentang IC-2200H dan IC-V8000 di glodok dan saya disarankan untuk pake IC-2200H karena “katanya” klo IC V-8000H itu dipakai di luar (freq) 14x.xxx rf power turun/drop sampe 50w apakah itu benar? mohon pencerahan bingung nih pilih yang mana ?

  54. kalo ga salah kan v8000 menggunakan 2 rf final yach?dan kalo memang bener kok bisa ada penurunan rf power di freq tertentu sih?
    apa memang bawaan product pendahulu ic 2200h ?

  55. Cristcross @ 2008-09-11 22:12

    Mas mau tanya, menurut info dari temen yg sdh pernah pake icom-v8000, mesin ini relatif lebih cengeng ketimbang icom-2200H. Apalagi kalo setting swr pada entena gak bener-2 sesuai (nyender), yg mengakibatkan menjadi lemahnya komponen didalam IC-V8000 sendiri. OKI temen sy sekarang beralih ke IC-2200H yg katanya lebih bandel dgn IC-V8000. Apa bener tuh mas ?

  56. Cristcross @ 2008-09-11 22:16

    Satu lagi mas, apakah harga di Mirusa dgn glodok ada perbedaan yg cukup signifikan, dan bagaimana masalah garansi jika kita membeli di glodok or Mirusa ? mohon pencerahannya. Thx

  57. agungudik @ 2008-09-12 09:14

    @Om Cristcross ….
    Masalah perbandingan antara V8000 dgn IC-2200H, kok mirip dgn issue perbandingan antara IC-2100 dgn IC-2200.
    He…he…tapi gak tahu ya, benar atau salah. Soalnya saya baru memakai IC-2200H dan itupun pemakaian normal bahkan bisa dibilang minim, karena jarang banget main HIGH Power, paling banter Middle (soalnya ngobrol paling banter dgn rekan di Bogor atau Bekasi, saya gak suka “balapan”)

    Mirusa dan Glodok emang beda harga, tapi barangnya sama. Menurut informasi yg saya dapat, barang2x di Glodok (Icom dan Yaesu) ngambilnya di Mirusa. Kalo Mirusa kasih harga agak mahal, ya namanya itu menjaga kehidupan agen-nya. Mungkin gitu kali :-)

  58. saya pernah denger hal itu mas agung tentang isu 2200 dan 2100,menurut saya memang 2200 lebih unggul ketimbang 2100 atau v8000 karena blon ketemu kelemahannya kale ,dan sekarang banyak juga yang compare antara 2200 dan 271 .semua kembali pada pemakainya,dan kebetulan saya percayakan untuk di kelas ini saya pakai ft-2800m karena sdh terlanjur beli dan hasilnya puas,pertimbangan karena pengin beda dengan yang lain maka pake 2800m….
    kalo sepengetahuan saya sih memang semua produk terbaru pasti lebih bagus dari sebelumnya,mungkin blon ketemu kelemahannya kale dan produk terbaru mungkin lebih di perbaiki kelemahanya dari produk pendahulunya,..

  59. Cristcross @ 2008-09-16 19:14

    @Mas Agung
    tulung review nya dong ttg IC-229H, memang barang jadul tapi gimana kemampuannya ? Thx

    @mas Slamet
    Tulung juga reviewnya Yaesu ft-2800m kelebihan dan kekurangannya secara anda khan dah pake nih mesin. trus harga 2nd nya berapa ya ? Thx

  60. kayaknya saya tidak begitu ahli utnuk review,namun sejauh ini saya menggunakan fine aja …
    untuk programnya jg gampang karena mesin ini lebih fleksible kalo saya nilai dia bisa memberikan kemudahan operationalnya ( usser friendly ).
    power di bilang cukup besar .pernah saya coba naikan di 14,1volt dan hipo nya mencapai 70watt,punya indikator volt saat pertama kita on kan perangkat..
    modulasi pas tajam ,artinya tidak ketinggalan dan tidak terlalu bass.
    apalagi yah,pendingin yang cukup bagus,..
    ubtuk harga 2nd saya ga tahu beli barunya hampir sama dengan ic-2200h
    jadi saya sarankan pake ic-2200h aja biar ga sama dengan saya ..hehe

  61. Cristcross @ 2008-09-17 11:29

    @Mas Slamet
    Saya dah tanya ke Mirusa, per hari ini harga FT 2800M 1,575 jt dan harga IC 2200H 1,850 jt. Kalo Harga glodok berapa ya ? punya referensi toko di Glodok Mas Agung or Mas Slamet yg bisa di hubungi. Yah buat perbandingan harga saja.

    Ada yg me-review FT 2800M begini mas :
    “Kekurangan yang saya dapati pada Yaesu FT-2800M adalah suara kita yang sering dikatakan kecil oleh lawan bicara.

    Sampai sekarang belum ada petunjuk modifikasi yang akurat untuk mengatasi masalah ini.”

    Mas Slamet mengalami hal ini gak ?

  62. mas ic 2200h untuk matchingnya pake antena jenis apa & power supllya brapa ampere ? thank,s before.

  63. ohya hampir kelupaan ,bisa gak saya minta nomor telponnya ,thanks before.ya mas agung gudik.

  64. agungudik @ 2008-09-17 14:11

    @Cristcross …
    Coba tanya di Gunung Intan, setahuku kalo perangkat, dia harganya paling miring.
    Kayaknya, harganya gak jau beda dgn Mirusa, kemaren ada temen yang nanya di sana sih, IC-2200H udah di angka 1.8 jt (padahal tepat 1 tahun yang lalu, menjelang lebaran seperti ini, saya dapat harga 1.4 lho…he…he…untunglah awak)

  65. dear Cristcross..
    untuk saya sih sdh pas menggunakan ft2800m, makanya saya katakan bahwa modulasi perangkat ini ngeruncing.untuk mengatasi mungkin harus di cari swr terendah di antena dan kabel mungkin bisa membantu..
    perangkat saya kebetulan langsung saya macthing kan setelah beli sebelum di pakai jadi kemungkinan kesalahan loses power ga ada.
    kalo 2200h lebih cempreng ,nah ini masalah dari kebiasaan saya ..
    makanya saya sarankan pake ic-2200H aja,jika masih blom mempunyai keyakinan akan yaesu.produk ini tidak familiar di indonesia ,lebih terkenal kenwood, icom dan alinco

  66. untuk membuat ic2200 ini ada roger beep nya (bunyi tone pada saat kita melepas ptt) gimana caranya ya, mungkin mas agung atau rekan lain ada yang tahu, soalnya dulu di dr 135 bisa tuh

  67. lexy,samarinda @ 2008-09-22 12:11

    Hallo Broer Agung, dan juga teman2 yang suka ngobrol di udara, saya ingin sekali bisa berbagi informasi dan bisa menambah pengetahuan/wawasan, ingin lebih banyak punya teman dimana mana. Kerena kemampuan radio kita (2m) terbatas, ngga bisa menjangkau tempat yg jauh-jauh, dg ber-email ria, kita2 masih bisa saling bertukar informasi. Insya Allah bermanfaat.
    Terima kasih Broer Agung.
    Lexy, Samarinda
    Alamat email: lexy86@ymail.com

  68. Cristcross @ 2008-09-22 15:38

    @Mas Agung

    Toko Gunung Intan no telp-nya berapa ? thx.

  69. Mas Agung salam kenal yaa.Salam 51 55 10 2 harapannya.saya hanya mau kasih comment aja soal Ic 2200H, kebetulan saya jg pake tp sekarang disimpen dulu biar awet he2….(kan sekarang mahal)sementara pake DR 135MKII. Dulu saya beli Maret 2008 di Mirusa 1,3 Jt(New..wah berarti mas agung belinya murahan saya ya).Secara keseluruhan kualitas oke dibanding dengan DR 135MKII.Top Abiis deh pokoknya..
    Kalo dibandingkan dengan IC V8000 sih saya setuju dengan Cristcross.Kemarin saya sempat nanya ke teknisi nya Mirusa katanya Power nya lebih rata Ic 2200H di beberapa Frekuensi.terima kasih….
    o ya mas agung biasanya main di kanal berapa?

    Ali
    Lokal 06 Wil.07 Kota Serang Daerah 30 Banten

    email:dikis_pwd@yahoo.com

  70. sugeng ristanto @ 2008-09-29 11:32

    saya ingin cari modul rf sav 17. ada yang tahu

  71. Cristcross, ntar kalo udah tau harga, kasih kabar lagi ya. Aku juga pengen beli tapi belum mutusin ic2200 atau v8000. Makasih ya mas Agung, blognya bantuin kita banget..

  72. agungudik @ 2008-10-07 12:35

    Buat temen2x semua, mohon maaf, comentarnya agak lama saya approve, berhubung saya mudik lebaran dan di kampung gak sempet connect internet.

    @ Om Cristcross
    Gunung Intan 021-6252787

    @ Om Ali
    Salam kenal balik Om Ali, saya sekarang udah jarang ngebreak Om, kalopun ON AIR saya biasa di 143.000 Frek. Lokal Jatinegara. (dengan nama yg sama “Agung”, kalo sempat mampir di frekwensi silahkan panggil nama saya ya..)

    @ Om Ipunk
    Terima kasih atas kunjungannya dan saya merasa senang sekali kalau ternyata tindakan saya masih bisa bermanfaat bagi orang lain.
    Bukankah sebaik-baik orang adalah yang bermanfaat bagi orang lain ? :-)

  73. tolong mas..schematik nya ic 2100 aq khilangan jejak tr dekat final yg tempel,sebelah tr b390 klo ga salah,,jg kristal x1 dekat panel depan,,tolong ya mas klo ada yg pnya d share ke email saya.thanks

  74. ada yang bisa buka freq Kenwood tr 201a ga?
    dan kira2 bisa di buka apa ga yah freq nya?

    thax u

  75. om bikin review dong untuk yaesu ft 211rh dan kenwood 201a krn aq punya nih

  76. agungudik @ 2008-10-16 11:13

    @Om Slamet,
    Sayangnya saya belum pernah pake kedua perangkat tsb.
    Gimana kalo Om Slamet aja yg bikin review-nya, silahkan tulis pake Microsoft Word lalu kirim ke email saya di agungudik@gmail.com
    Ntar saya edit-nya kalo memang membutuhkan editing (mungkin ada tambahan gambar, biar saya yg cari nanti. Atau ada tambahan spec teknis dari vendor-nya, biar ntar saya cari di internet), tapi kalo udah OK, langsung saya posting.
    Dan hak cipta penulis, tetap anda yg pegang kok.
    Gimana ? saya tunggu ya ?

  77. saya tdk sebagus om agung untuk menulis kata2,dan pengetahuan saya juga masih dasar sekali ….
    mohoon maaf om.di sini kan saya bisa menimba banyak pengetahuan

  78. bagus dewangkara @ 2008-10-17 16:35

    saya mo tanya gimana caranya setting duplex yg non standar di ic 2200h mohon tanggapan dan jawaban dr teman teman, trimakasi

  79. mas agung dan pengguna ic 2200 lainnya..
    fuse(sekring) di kabel dc nya masing masing berapa ampere ya..
    kok di saya 5 A (kabel positip maupun yang negatip), kayaknya kok kecil banget, mengingat power nya yang gede, paling tidak kalau menggunakan high arus yang lewat bisa 10 A, merek fuse nya bussmen kalo gak salah.

    Mungkin ada info dari rekan yang menggunakan…

    Thx

  80. hiryansa @ 2008-10-29 22:02

    gmn caranya untuk dapat membeli pesawat rig type icom 2200h

  81. CristCross @ 2008-11-04 09:59

    akhirnya sy putuskan ngambil juga 2 perangkat, masing-2 yaesu ft2800 sama IC2200H, tapi keduanya saya beli 2nd dan kebetulan sy dapet kedua-2nya sangat-2 mulus (belum pernah diservis sekalipun) dan daya yg keluar pun masih sama-2 65 Watt malah tembus 70 Watt (dr hasil pengukuran di SWR Meter).

    -Yaesu saya beli dgn harga 900 ribu
    -IC2200 saya beli dgn 1,3 jt (tapi plus bonus larsen lokal, diamond 1/2 lamda, breket,bonggol n kabelnya untuk dipasang di mobil..karena memang dulunya terpasang di mobil.

    Reviuw keduanya :
    - Yaesu modulasi lebih trebble drpd IC2200.
    - dimensi pesawat lebih besar Yaesu dr pd IC2200.

    Itu sj review scr umumnya…dan mudah-2an kedua pesawat ini awet di tangan saya…

    CristCross ….akhirnya anda menemukan juga pilihannya, setelah bertapa di pinggi alas gondo mayit :-) he…he…sekarang giliran anda untuk menyampaikan kesan-kesan selama memakai Yaesu dan ICOM. Ditunggu ya …..

    agung ud

  82. Mas Agung…Kalau IC2200 apa bisa pakai Power Suply yang 10 Ampere saat transmit menggunakan power 65 Watt..?
    ..
    Terima kasih.

    Kalo power 65 watt dengan PS 10 A, kayaknya kagak bakalan kuat deh mbak :-)
    Normalnya, anda pake Power Supply yg 30A. (minimal).
    Sekarang PS 30A, gak begitu mahal khan ? saya dulu beli cuman 500 ribu.

    Agung Ud

  83. CristCross @ 2008-11-07 19:11

    Mas Agung,

    Mohon pencerahannya dong, gimana caranya ganti colokan extramike IC2100, sbb ada IC2100 punya temen colokannya patah tempat koncian yg kecilnya itu, akhirnya untuk sementara saya kasih kabel UTP untuk jaringan dgn colokan RJ45.

    Kalo saya lihat kabel spiral punya IC2100, dia tersambung 8 kabel ke masing-2 pin di RJ45, tapi begitu saya putusin kok kabel didalam spiralnya cuma ada 7 kabel ya, dimana kabel warna putihnya dibalut sama kabel serabut.

    kalo gak salah urutan warnanya : orange,coklat, kuning, hijau, hitam, putih, biru trus hitam/abu-2. Nah kabel yang terakhir ini yg bikin saya bingung. Kalo saya baca manual IC2100, di pin ke 3 dan 8 itu tulisannya not connected.

    Bingung nih dibuatnya…

  84. JZ 098 ESJ/YD Q OLH @ 2008-11-12 10:23

    mas tanya nih, kok PTT nya 2200 suka nge-lock knapa ya….n 2200 cukup ok… lah

  85. JZ 09 ESJ/YD Q OLH @ 2008-11-12 10:28

    oya, saya sampe lupa itu lo… sy pake PS 30A MIRUSA punya kadang ngedrop kalo pakai pswt IC 2200 n knapa ya n sya pnya kbel andrue 5/8 konektornya yg aga murah beli di mana sayang dah 1 th ga di pakai…thank ya…mas

  86. mas maksud saya panel ic v8000 saya jebol trus alatnya di cabut naahh hilang tuch alat nomer serinya brapa trus di mana belinya ya???
    terima ksih ya mas….

  87. abu suhud @ 2008-11-14 07:30

    mas yth, antara icom 2200h dg v8000 bagus mana tolong
    jelaskan lebih baikyg mana untuk ngebrik di rumahrim dan harga sekarang masing2 berapa trims ya mas atas bantuannya.

  88. salam kenal mas agung,saya indra dari jatiasih bekasi..saya baru mengurus ijin perangkat melalui RAPI dan saya baru berniat untuk memasang RIG mobile station..kalau boleh minta rekomendasi apa saja yang harus saya beli untuk memasang RIG dimobil daihatsu terios saya.saya ditawari oleh teman dibandung sbb: RIG ICOM ICV8000 2jt/IC 2200 1,6jt ANTENE OXIN/DIAMOND 250rb kabel KOEX 100rb dudukan antena 250rb..kira2 perlu tambahan lagi tidak?terlalu mahal tidak? terima kasih…

    Salam kenal juga mas Indra…..
    untuk harga-harga di atas udah wajar, cuman mungkin kalau saya kok lebih suka pake Larsen yach? murah meriah dan lumayan handal utk mobile. Larsen haganya cuman 60 ribu dan selama ini, saya pake itu cukup sukses masuk repeater di daerah saat saya lagi mobiling.
    Dan yang perlu diperhatikan utk pemasangan di mobil adalah, kable antenna-nya mesti match dulu mas Indra. Baru setelah itu, nge-match-in si antenna itu sendiri.
    Satu lagi adalah masalah power supply yg dari accu mobile, kalo bisa bikin kable tersendiri memakai kable AWG yg gede (yg emang spesial buat arus DC), dan lengkapi dengan sekring. Karena, power supply yg bagus, sangat berpengaruh pada RF Power yg dihasilkan. (sebagai contoh, saya pernah mencoba pake kable kecil dan saya bandingkan dengan AWG yg gede, bisa selisih 5 – 10 watt lho bedanya).
    Ok, semoga membantu.

  89. CristCross @ 2008-11-27 19:18

    Salam Kenal Mas indra.
    Saya juga pake rakom di Taruna saya, pake ic2200 sudah lebih dari cukup. kabel saya pake rg58 yg innernya tunggal harga 100 rb 4 mtr (di glodok), bonggol antena 30 rb, breket saya pake yg plt karena mudah di puter-2 sesuai keinginan.

    Antena saya ada 2 (larsen n diamon-1/4 lamda) larsen lokal cuma 75 rb (yg US 250 1 set), diamond sy beli 160 rb (glodok).

    karna belom saya tuning (dummy load kabel n setting swr) , swr meter menunjukkan :
    - 2,1 kalo pake larsen (makanya sy belum berani pake..sayang rignya kalo jebol final nya)
    - 1,4 kalo pake diamond (jadi sekarang sy masih pake antena ini)

    Memang antara larsen n diamond, sy pribadi lebih suka larsen karna receive signalnya lebih sensitif (mungkin karna bentuknya lebih panjang ya)….

    Dalam waktu dekat ini sy mau setting dulu larsennya biar SWR nya rendah.

    Semoga membantu mas indra…

  90. saya belom pernah memakai racom di kendaraan, dan saya memakai radio ini untuk station rumahan.
    lossing power jika di gunakan di kendaraan seberapa besar yah?

  91. oot nih, fungsinya RF Attenuator apa Oom.

  92. halo mas agung dan mas CristCross,
    saya dari bojonegoro (wong ndeso), yd3tvw.
    bgaimana cara nge-met kabel yang bener?
    kbetulan pswt saya ic-27 A, supply 25A, perangkat lain SWR meter dan dummy load 1.15 VSWR 15 A. lalu bgamana cara nge-met antena saya?. antena saya yg msh sangat sederhana belum mampu utk beli yg mahal2, cukup Ring O dan Teleks. soalnya saya pake dg ktinggian antena 3 pipa dengan jarak penerima 30 km, signal hanya diterima 7. padahal mestinya kan lebih dari itu.

    Mas Widodo, terima kasih telah mampir di blog saya :-)
    utk nge-match kable,
    1. pertama ujung kable yg satu udah dikasih konektor lengkap, lalu tancepin deh dengan dummy load.
    2. Rentangkan kable dengan bebas (lurus memanjang, dan tidak mlungker). Usahakan sebisa mungkin di ruang terbuka.
    3.Ujung kable yg satunya lagi, pasang konektor dan tancepin deh ke SWR kemudian SWR ke radio. Silahkan main di frekwensi yg sering dipake, dan keluarin power yg kecil aja (5Watt).
    4. Kalo VSWR masih tinggi, potong deh itu kable yg nancep di SWR, dikit-dikit (ya…kurang lebih 10 cm). Lalu, pasang lagi konektornya, dan tancepin lagi ke SWR, lihat lagi VSWR.
    5. Begitu seterusnya sampe 1:1 kalo mungkin.
    Ok, semoga berhasil

    Agung Ud

  93. oh ya untuk mas criscross, bagaimana kesan2 dan pesannya dalam membandingkan antara v8000 dan 2200h. mungkin selain yg sudah ditulis disini. atau kira2 diantara 2 perangkat tersebut lebih baik pilih yang mana?

  94. salam kenal, setelah beberapa kali membaca tulisan dari teman2 disini, saya tertarik utk bergabung.
    saya ingin belajar membuat mobil antena 2 m band seperti larsen. apakah ada yg py info, cara buat coil-nya.

  95. Saya naksir ic2200, tapi kata kawan final-nya kalau rusak harus beli sama cardnya tdk spt ic2100. Apa bener ? harga sekarang brp ? tks

  96. smile_dewa @ 2008-12-22 16:02

    wah sekarang muahal ic 2200h, sekitar 2,3jt..
    tapi saya kmrn beli 1,5..
    lumayan pakai rig ini, meski power supply baru 10A trafo merk era, lumayan meski drop saat transmit High.
    Rig saya belum bisa power full 65Watt, Mungkin Power supply yg cuma 10A.Tapi untungnya ga ada dengungan saat transmit.
    SWR 1:1 jadi ga ada masalah, cuma di power supply belum siap

  97. abu suhud @ 2008-12-31 07:27

    mas yth saya punya rig ic2200 saya ingin divariasi biar modulasinya bagus pakai micom yana mana tolong penjelasannya mereknya sekalian dan ukurannya kira2 berapa harganya yang ada dimana terimakasih banyak atas bantuannya

    Mas Andri….
    Menurut pengalaman saya memakai IC-2200H, sepertinya kok tidak perlu ya utk penambahan mic compressor, mengingat modulasi yang dihasilkan IC-2200H udah cukup bagus.
    Ini sih menurut penilaian saya.
    Tapi kalo anda ingin mencoba mic compressor, silahkan coba lihat2x dulu merk Adonis http://www.adonis.ne.jp/e-desktop.html

  98. Wah… ada informasi yang jual hand mic standart (HM-133V) ?
    mohon bantuannya…
    Dulu beli perangkat ga dapat sekalian hand mic standart (HM-133V) nya…
    contak ke amin.isnanto@pajak.go.id

    makasih…

  99. Kemarin jalan2 di Psr Cikapundung Bandung & Jaya Plasa Bandung harga IC-2200 mancapai Rp 2,4 jt…Gile betul….!
    Untuk sementara lupain dulu dah…

  100. walah….kok sekarang jadi mahal amat yach ?
    Padahal, dulu IC-2200H itu bagaikan barang tak bernilai, makanya saat saya beli dulu, ada program discount dari toko-nya. Katanya ngabisin stock (Karena, jarang yg mo beli IC-2200H sehingga stock berlimpah). Dari harga normal 1.5 jt, saya dapet 1.4 jt (atau kurang dikit).
    Mungkin sekarang ICOM udah gak ngirim barang lagi ke Indonesia, sehingga persediaan menipis. Akibatnya hukum ekonomi berlaku.
    Saran saya, tahan aja dulu. Jangan keburu membeli di kondisi yang tidak menentu.

  101. CristCross @ 2009-01-15 21:13

    iya..rakom sekarang harganya lagi gila-2an…makanya kudu si sayang-2 nih..

  102. Hardianto @ 2009-01-21 00:24

    Salam kenal mas agung, wah berguna sekali web sitenya… saya dari semarang JZ 11 LPF kemarin saya abis beli ic 2200h wah harga di semarang ngeri mas, saya tanya di 2 toko yg satu minta 2750 yang satu minta 2500 yah akhirnya dapet 2500 deh, saya juga kaget melihat harga yg tadinya bekisar 1300-1400 bisa jadi selangit… hehe pas perlu jadi beli deh.. saya pake antene telex import dengan ketinngian 30meter hasilnya ok juga mas, bisa tembus sampe kudus tanpa repeater… mohon pencerahan dong rekan2 ada yg mau jual rig second ga? dengan kondisi yang bagus… thanks a lot mas agung.. Call sign nya apa yah? salam kenal 51 55 semoga 10 2 selalu…

  103. saya termasuk pemuja kenwood dengan 201a hehe,…
    makin keren aja nih web

  104. Salam kenal mas, saya ni pendatang baru d dunia breaker, saya pingin install RIG d mobil untuk keperluan adventure karena kalo ngandalkan hp suka tdk ada sinyal kalo d gunung.Pertanyaan saya : untuk power nya apa bisa dicoloki k tempat rokok ato harus tarik kabel dari aki ? Ukuran kabel ada specific AWG nya spy tdk drop ? Antena apa yg ideal untuk pemakaian situasi adventure ? Ada gak merek ato model yg cost efficien tapi tidak kehilangan mutu komunikasinya. Tx ya mas udah banyak nanya ni,..

  105. salam semua

    saya juga pakai 2200h ini, memang ok, tapi powernya tidak maksimal
    high tdak mau 65, padahal pk d.load di test cuma keluar 55watt!!!
    kecewa deh..gimana tuh

  106. @toil

    mungkin tidak macthing antenna nya jadi tidak max keluarnya

  107. toil :salam semua
    saya juga pakai 2200h ini, memang ok, tapi powernya tidak maksimalhigh tdak mau 65, padahal pk d.load di test cuma keluar 55watt!!!kecewa deh..gimana tuh

    SWR + DummyLoad nya sudah di Kalibrasi belum om?? kesalahan baca mungkin juga terjadi pada SWR anda.sudah di bandingkan dengan SWR yang lain?

  108. Salam kenal Mas agung…
    Aku nanya nih mas..kalo di display IC-2200H ada indikator SWR-nya nda mas? soalnya aku coba mau pasang antena yang bekas…takut SWRnya tinggi saat TX…
    jadi Kalo saya mau periksa apakah rignya sudah layak pakai (SWR tidak tinggi) bagaimana? apa harus beli SWR meter dulu?
    Ok deh mas …terima kasih yah atas infonya..senang ada blog seperti ini..
    salam
    andi

  109. # Om Andi ….
    Display IC-2200H tidak dilengkapi dengan SWR.
    Sebenernya, SWR adalah peralatan wajib bagi breaker yg serius :-)
    Tapi kalo-pun dirasa terlalu mahal buat beli SWR, saya sarankan pada saat pemasangan antenna di awal, betul2x diperhatikan SWR-nya (he..he..dalam kasus ini keberadaan SWR hukumnya WAJIB, entah itu pinjem, beli atau nyolong :D ).
    Jadi, minta tolong temen yang ahli dalam matching antenna utk nge-match antenna anda, setelah itu….keberadaan SWR tidak WAJIB lagi, melainkan SUNNAH :-).

  110. wah kok deket banget ya, antenna 30meter cuma sampai kudus
    saya yg di gombong saja (antenna cuma 12meter) sampai cirebon lo mas…padahal lokasi saya mepet bukit alias pinggir bukit, bukan diatas bukit ya..
    audio ic-2200H emang treble kata orang2 yg monitor gitu..
    tapi sayang nih rig saya, maksimal power cm tembus 55W tdk mau 65, padahal sudah dicoba sama d.load atau antenna swr 1:1
    mesti dikulik nih

  111. toil :salam semua
    saya juga pakai 2200h ini, memang ok, tapi powernya tidak maksimalhigh tdak mau 65, padahal pk d.load di test cuma keluar 55watt!!!kecewa deh..gimana tuh

    SWR + DummyLoad nya sudah di Kalibrasi belum om?? kesalahan baca mungkin juga terjadi pada SWR anda.sudah di bandingkan dengan SWR yang lain?

    Wah sudah dikalibrasi semua, kayaknya sih pesawatnya nih yg ga beres,sayang belum sempet ngulik tuh pesawat..tapi yg jelas puas pakai ic-2200H ini!! Bravo

  112. wah lama tidak berkinjung ramai juga yah,…sukses deh om agung..
    sebenarnya di benak ini banyak pertanyaan2 tentang ini perangkat,karena semakin kita memiliki perangkat yang bagus selalu berharap yang sempurna setelah dapet sempurna pinginnya memiliki yang besar power nya hingga menjadi terbesar di area sekitar …
    nah ini yang terjadi saat ini pada saya om agungudik.
    berawal dari icom 25a yang pernah saya tanyakan 1 thn lalu kita berkembang jadi rig alinco DR-150 dan rig baru FT2800,dan antenna pakai ring O” Ranger dan harjo 2 loading seperti G6 .puas juga bisa di geber hingga hipo 80watt ( FT2800 )adjust 15v dan hipo 65watt ( DR-150 )semuanya masih kondisi standart belum di oprek. yang saya tanyakan apakah demikian juga untuk ic 2200H bisa sampai demikian?

  113. # Om Slamet….
    Saya beruntung, karena berhasil “mengendalikan penyakit” breaker tsb :-)
    Awalnya, saya juga begitu. Dari mulai punya HT lalu RIG Kenwood lama yg hanya 15 watt, kemudian DR-150. Trus antenna dari yang biasa sampe modifikasi, saya pernah jajal semua.
    Demikian juga yg radio HF, tapi setelah saya fikir2x, kalau diturutin gak pernah ada habisnya, dan yang pasti habis adalah duit :-)
    So…setelah saya memiliki IC-2200H dan Yaesu FT-80C (HF) saya menghentikan keinginan tidak sehat tsb.
    Oh ya, kembali ke IC-2200H. Menurut temen saya yang tukang permak radio, khusus IC-2200H tidak bisa diadjust ke power gede, hal ini berbeda dengan seri sebelumnya dari ICOM, yaitu IC-2100. Yang mana, IC-2100 ini bisa dikeluarin 100 watt yang biasanya ini untuk “menyodok’ sebuah Mirage atau boster tabung.
    Tapi…..buat apa sih itu semua ? apakah kalo kita udah bisa ngeluarin 1000 watt dan semua udah ‘kepentung’ ama kita, terus duit kita jadi tambah banyak? bisnis kita jadi lancar? he…he…malah sebaliknya, karena tagihan listrik akan membengkak dan bini ngomel terus tiap hari :D :D ha…ha….just kidding Om…
    Ok Om Slamet, thanks yach atas sharing dan ngobrol2xnya.
    back to work……

  114. iya tuh, ga ada trimernya buat muter2 biar power gede, mesti ganti capasitor trimer kl mau..tapi ribet wong kecil2 gitu komponennya..
    tapi sapa tau ada yg pernah modif ini pesawat, bisa cerita2..

  115. setuju om agungudik,….
    saya tergolong orang yang terlambat menikmati rakom ini.
    mungkin rasa penasaran ini yang bikin panas keinginan untuk bisa lebih…
    padahal hasilnya yah tetep aja di atas langit masih ada langit ,cuman dapet gensi sementara aja yah,..
    untuk trim sih dr-150 yang saya utek2 di vr201 hipo nya dan menggunakan SWR meter ,…
    begitu aja share nya

  116. Salam kenal Mas Agung,
    Saya pake IC2100, baru mengenal rakom, ada yang punya manual ic2100? kalo ada boleh dong dicopy

  117. mana nih yg sudah oprek 1c-2200H??
    kok belum ada, ditunggu temanz temanz…

  118. # thomas ….
    Salam kenal juga …
    Saya ada manual IC-2100H dalam bentuk PDF. Ukuran file-nya 1.2 M.
    Kalo berminat, silahkan email saya di agungudik@gmail.com ntar saya attach di email.

  119. om ada pembahasan tentang antenna apa tidak?
    kalo blom ada bikin dong posting tersebut

    terima kasih om agungudik

  120. kebetulan, saya blum pernah ber-experiment di antenna. Kebanyakan tinggal beli jadi dan sekalian suruh orang utk masangin :-) (kelihatan malasnya ya…).
    Dilain pihak, kalo mau me-review antenna berarti mesti pernah nyobain minimal 2 antenna. Padahal kita ketahui bahwa pemasangan antenna adalah suatu hal yang memakan resource yg gede, apalagi di jakarta :-). Jadi kalo antenna udah matching dan udah di atas, males kita kalo mo ganti2x, ribet dan susah nuruninnya, he…he….he…
    Jadi gimana kalo Om slamet yg bikin tulisan tentang antenna, ntar aku submit di sini.

  121. @agungudik
    Dear Om Agung,

    Om, kalo tidak keberatan, saya mohon di send kan file PDFnya tentang IC2100 ke toms.biodisc@gmail.com, saya awam sekali dalam pengoperasian radio ini, mau kutak katik takut malah jadi rusak radionya. Om main di frekwensi berapa, semoga saya bisa belajar dan pencerahan rakom dari Om, boleh Om?

    Terima Kasih sebelumnya Om Agung.

    Thomas
    AXIC Community

  122. mmg pake antena luar modifikassi apa maz…

  123. @thomas
    saya bisanya hanya belajar dan meniru dari rekan2 lain termasuk dengan om agungudik,maklum baru mengenal dunia rakom seperti ini..saya juga masih orong2 om.

  124. @Jojon

    Mas jojon, saya mau donk belajar ganti display TR 7950 …..
    kelik_d_95@yahoo.coom
    Thk (aribawa)

  125. @Jojon Om Jojon, saya punya Rig Kenwood Tr-7950, tapi saat ini LCD Display-nya mati, apakah Om Jojon bisa bantu meng-hidupkannya kembali…? berapa biayanya…? ditunggu konfirmasinya lebih lanjut, terima kasih.

    Ferry

  126. Salam kenal Mas agung…

    adi di solo

  127. Mau minta tolong informasi dong… saya sedang mencari Icom IC-2000 bekas, kalau bisa harganya yang terjangkau… karena dananya sedang pas-pasan nich… mohon bantuannya ya…
    kalau ada bisa Japri ke : ferry.pantauw@gmail.com atau HP 081908208080

    Ditunggu, dan terima kasih

    Salam,

    Ferry

  128. Maaf mas sy pemula tp merasa tertarik.kl qt mau beli swr pilih yg gmn?settng antena dgn swr gmn caranya?

  129. setting antenna dengan swr, biasanya dengan cara memanjangkan/memendekkan element antenna atau tergantung jenis antenna yang anda pakai

  130. @aribawa
    Om diganti aja ama 7 segmen,lebih awet..
    yang penting gak buta khan
    salam
    Iwan YD2OYD

  131. @ferry
    Om ferry..
    display TR7950 nya diganti aja ama 7 segmen..
    lebih awet..yang penting gak seperti si buta dr gua hantu…
    salam Iwan YD2OYD

  132. slam knal”’
    mas saya minta info..
    saya sdang mencari icom ic 2200, ap ad yg jual??
    tolong hb saya.. 085710002477
    terima kasih…

  133. Saya mau tanya, ada ga ya yang bisa bantu daftar ke RAPI. Punya perangkat dah lama tp tdk terdaftar. maklum dulu di sumatra cangkulanya. Jd skr mau daftar kurang tahu siapa pengurus RAPI di gombong.
    Terimaksih…
    andhi@telomoyo.com atao 0811266123
    Lokasi: Gombong – Kebumen – Jateng.

  134. oh ya om… apa ya ciri2 SWR diamond asli?
    Katanya banyak yg palsu ya.
    Saya ada diamond SX-400. Tp kok made in taiwan. Kartu garansinya japan.
    Antena saya di SWR 143-145 kok SWR tetap 1:1 ya.. normal ga, kok lebar banget.
    Kalau 141 atau 147 hasilnya 1:1,7
    Pakai telex (hygain lokal) dan kabel RG8 ericsson. Ditest dengan VX5R dan VX7R..
    Thank you!

  135. Mas andi gimana sudah ketemu belum yg ngurusin rapi gombong?

  136. Sudah mas Toil…
    Sdh dijelaskan pak heru…
    kapan mudik ke gombong mas, saya mau belajar dunia RF neh…
    hehehehe sama-sama wong gombong gratis bae lah…
    salam saking semanding..

  137. ada yang punya extra mic nya TR 9130 Gak…???
    YD3ETP

  138. H Fuad Rifani MA @ 2009-08-21 09:44

    Salam kenal,
    Mohon info tentang pesawat lama ICOM IC-28H.
    Tks

  139. kalau disuruh milih antara 3 rig ini, icom ic 28h, icom ic 228h dan kenwood tr7950, kira kira rekan rekan pilihan dari no.1 ke no.3 nya yg mana, trims

  140. # H. Fuad Rifani,
    ICOM IC-28H termasuk golongan radio jadul juga, dan “hanya” memiliki 21 memori. Kualitas audio bagus, transmit juga OK. Cuman saya dulu pernah pake sebentar, trus saya jual lagi karena LCD-nya sering error, kadang mati, kadang hidup.
    Itu radio cocok utk kolektor pak, tapi kalo buat nge-brik ya….mending beli radio baru dong :-)

    # Rio,
    Kalo saya dihadapkan hanya 3 pilihan itu, kayaknya saya pilih Kenwood TR-7950 deh, soalnya kualitas modulasi tetep Kenwood yang memimpin utk radio2x jadul. (ini menurut yg pernah saya coba dan miliki lho ya, mungkin kalo ada temen yg mempunyai pengalaman sebaliknya, ya…silahkan aja) he…he…..

    # all friends….
    Sorry….maaf blum sempat update blog lagi, ceritanya masih sibuk ngejar setoran…..

  141. @agungudik
    ok, klo ga keberatan tlg di email manual Icom 2100
    trims atas bantuannya
    Salam

  142. Mujianto @ 2010-02-18 14:51

    Salam sejahtera…..

    Mas saya mohon bantuan masalah teknis radio amatir
    Saya punya IC2200H pada awalnya normal hanya Finalnya sudah tidak maksimal lagi.
    Dan sekarang sinyalnya tidak bisa bersih alias selalu ada kadang 5 bar kadang 9 bar
    meskipun frekuensi dalam keadaan kosong atau tidak ada TX/RX.
    Bahkan setelah kabel antena saya lepas hanya memakai jumper sepanjang 40 cm
    sinyal masih ada 5 bar dan kalo inner kabel antena di pegang sinyalnya terlihat penuh 12 bar.

    Untuk komunikasi RX/TX normal tidak ada pengaruh hanya saja karena sinyalnya yang
    tidak bisa bersih kadang saya bingung lawan bicara saya masih TX apa RX.

    Mohon bantuannya sekali lagi, kira2 kerusakannya di bagian mana ?
    Terima kasih atas bantuannya….

    Mujianto
    JZ 13 MKL

  143. Pak Mujianto….
    Saya curiga squelch-nya kebuka full. Coba cek sekali lagi bagian squelch-nya.
    Kalau masih tetap, ya….mesti dibawa ke “dukun” nya pak. Silahkan cari service terdekat dengan rumah anda dan yang terpercaya tentunya.

  144. mas bleh minta spesifikasi icom 2200H, beserta harganya.

  145. Mas, maw tanya, kira2 tau tempat yg bisa setting antena vhf utk rig mobil di surabaya ? Suwun

  146. @Mas Tri….silahkan di lihat di
    http://www.icomamerica.com/en/products/2200h/specifications.aspx
    Untuk harga, silahkan cek di Glodok (toko Gunung Intan, Alcom, dan sebelah2x-nya), atau bisa coba tanya ke authorized dealer dari ICOM, yaitu Mirusa.
    Kalau mau second, silahkan rajin2x buka http://www.bekas.com :-)

  147. salam kenal mas, aku ada dipulau jawa paling timur mohon rekomendasinya untuk pesawat yang audionya bagus itu pake apa ( maaf karena saya tidak tahu blas soal ini) pesawat ini aku pake untuk link pada pertunjukan2 live yang butuh audio bagus, tolong mas rekomendasinya sangat aku butuhkan, sebelumnya aku ucapkan terima kasih…

  148. mohon info harga Icom IC 2200 Yang Murah Dimana yaaa.

  149. mas tolong kasih petunjuk cara buat dupalex ICOM 2200 dan kirim ke senohadi86@yahoo.co.id

  150. m.riyadi @ 2010-07-01 15:49

    sy dri jmber,temen2 sy pnya 201a mati,padahal kabel dc nya ak cek gk ada msalah,tlng petunjuk nya.m.riyadi yd3jrc

  151. salam kenal buat teman2 briker senusantara ataupun sejagat raya dari A sampai Z dari saya een 142.700 mhz dari ikatan briker muda kota samarinda naungan dari RAPI kota samarinda.

  152. salam kenal…
    om, sy mau minta info nt biaya perawatan/perbaikan (kemudahaan cari suku cdang) antara ic2000h, kenwood tm271,dan yaesu ft 2800.
    maksih sebelumnya.

  153. mas agung sy demikian menggunakan ic2200 sy sependapat apa yg dikatan body cepat panas bila menggunak hig yg lama cepat panas dan kepekaan cukup baik yg jadi pertanyaan harga itu baru atau radio exs pemakai

  154. @Om Rifky……
    Kalau perawatan, selama ini gak ada yg aneh2x deh dalam merawat radio komunikasi. Beda dengan mobil, dimana mesti ganti oli dsb:-)
    Kalo spare part, harganya relatif sama dan ini tergantung lokasi anda. Kalo lokasi anda di Jakarta sih, mau merk apapun akan sangat mudah mencari spare part-nya. Tapi kalau anda di daerah, ya….gitu deh :-)

    @Om Sukarno, harga IC-2200H yg 1.4 jt itu adalah harga radio baru tapi pada akhir tahun 2007 (krn saat saya menulis artikel ini adalah tahun 2007 atau 3 tahun yang lalu). Dan setelah itu, harga ICOM naik luar biasa, sampai menembus 2 jt di Glodok. Tetapi sekarang sudah kembali normal, kalo gak salah dengar, sekitar 1.6 jt-an (bulan Agustus 2010 kemaren ada temen yg beli).

  155. mas aku mo tanya icom 2200 kalo stand by pesawat sudah dipasang PS tapi tidak di on kan emangnya bodg pesawat panas atau tidak soalnya pesawat IC 2200 saya sudah panas sebelum di On kan untuk pancaran tetap bagus ga ada masalah mohon penjelasan

  156. mbah SURO @ 2010-12-06 09:46

    salam kenal saya JZ 12 SS, kemarin dapat ic – 2000 second kondisi bagus masih ada dos book tapi powernya kok cuma 30 watt max ya gimana nih…???

  157. #pak Bagas….
    Seharusnya, body pesawat tidak panas dalam kondisi ON saja (tanpa transmit). Dan kalaupun transmit, kondisi “panas” di heatsink masih diperbolehkan asal masih dalam kondisi normal.
    Misalkan, ada pake mode full power utk transmit selama 1 menit. Dalam kondisi tsb, dipastikan heatsink akan panas, dan ini normal.
    Yang tidak normal adalah, anda pake power LOW (5 watt) dan transmit beberapa detik, kemudian heatsink panas. Atau pesawat gak diapa2xin, lalu tiba2x panas. Maka, segeralah hubungi teknisi terdekat untuk mnegecek kondisi pesawat anda.

    # mbah Suro…
    Apakah anda yakin SWR anda terkalibrasi dgn baik ? soalnya saya pernah punya SWR abal2x harga 100 rb, ternyata pembacaannya amburadul, sehingga saya ganti SWR yg “bermerk”.
    Tetapi, kalau SWR anda emang udah yg bagus, anda mesti waspada terhadap transistor power anda. Bisa jadi udah “setengah kelenger”. (krn IC-2000 mempunyai output 50 Watt)
    Silahkan bawa ke tempat service, untuk mengetahui penyebab sebenarnya. Dan kalaupun benar transistor power-nya yg “kena”, segera ganti.

  158. Gan tolong gimana cara duplex kenwood tm 241.

  159. salam kenal…..Mas ketika TX dan kita pindah freq / chnl apakah SWR yg terpasang jarumnya pasti goyang berubah dan kalo berubah apakah kita musti sesuaikan lg ( agar nyender )dan brp ukuran terbaiknya dlm perbandingannya, mtr nuwun nggih !

  160. #pak Agus, mesti buka manual pak, itu mudah kok, asal baca manual :-)

    #pak Beben, khan kalau kita matching antena itu adalah pada sebuah frekwensi. Jadi kalau pindah, ya mesti SWR berubah juga.
    Hal ini ditentukan oleh karakteristik sebuah antenna. Maka kalau kita beli antenna, mesti ada semacam spesifikasi dan biasanya ada grafik-nya juga. Nah, itulah yg dimaksudkan.

  161. Dul Ratan @ 2011-04-11 14:15

    salam kenal …. pak sy pengen skl punya rig yg bs dipakai utk di rumah maupun utk di mobil yg efisien dan tdk ribet pakainya, mohon sarannya sebaiknya sy beli yg mana (ic 2200, v8000 atow yaesu ft 2900) ? makasih atas pencerahannya …..

  162. salam kenal..
    numpang tanya master.Klo harga sekarang ic2200 baru brp dan second brp? ada yg tau ga? makasi

  163. hehe.. bisa degenjot sampe 80W bro

  164. A. Bambang Is @ 2011-05-06 15:05

    Pak Agung Yth.

    Saya pendatang baru di dunia BREAKER. Sebagai pendatang baru saya memiliki IC 2200 H. Saya secara pribadi memang belum cukup piawai dalam hal memahami bahasa teknis. Jika pak Agung berkenan, saya mengharapkan mendapat semajam petunjuk teknis (juknis), langkah-langkah untuk seperti misalnya : memasukkan frequensi tertentu ke dalam memory, kemudian memasukkan duplex serta tonenya wah saya memang mengalami kesulitan operasionalisasinya sehingga hanya main di frequensi yang sudah dibuatkan oleh teman.

    demikian dan atas perhatian serta bantuannya saya ucapkan terimakasih.

    A. bambang Is

  165. #pak Dul Ratan, kalau anda tidak ada masalah mengenai budget, mungkin bisa dicoba ICOM V8000, karena speaker-nya ada di depan. Jadi kalo di pasang di tempat-nya tape mobil, bisa lebih rapi.

    #pak Billy, harga baru utk bulan Mei 2011 ini, saya gak update. Silahkan bapak tanya ke Mirusa atau Gunung Intan – Glodok.
    Sedangkan utk harga second, silahkan sering2x buka http://www.bekas.com (bagian radio amatir)

    #pak Herlambang, bisa aja sih Om digenjot sampe 80Watt, tapi kasihan transistor-nya :-) Kalo terlalu panas, bisa coid beneran :-).
    Kalau ingin power gede, pake booster aja Om, yg 1 KW :-) xi..xi..xi…

    #pak Bambang Is, ini langkah2x yg gimana pak? bukannya semuanya ada di manual pak ? tinggal baca aja tho ? he…he…he…

  166. mohon informasi dari bapak untuk mendapatkan “Spare part Final ICOM 2200″ dengan Rick 2 meteran,kira2 harga berapa dan dimana kami bisa mendapatkannya.

    terimakasih atas respon positif dari bapak, salam

  167. arrokhman @ 2011-06-17 12:41

    pak saya mau tanya…..kebetulan saya lg nyari radio ht yang bisa di pake di frek Vhf 142,00 – 143,600 Mhz dan uhf di frek 476,410 – 477,415 Mhz kira2 pake htnya yang mana?????…..( 1 ht bisa di kedua frek tersebut)

  168. Salam kenal mas, mau nanya nih, saya punya radio ICOM V85, untuk sinyal transmit bagus, permasalahan ada pada kemampuan receivenya, bisa terima dari jarak dekat aja (<30 mtr) jadi radionya budeg klo terima dari jauh, bisa jelasin solusi perbaikan dan kerusakannya?
    trim’s sebelum dan sesudahnya.

  169. #Om Tony, kalau anda di Jakarta, bisa main-main ke Glodok lantai 2. Ada beberapa toko yang menjual alat-alat komunikasi.
    #Om arrokhman, mungkin bisa di coba Yaesu atau Icom (seingat saya, sudah pernah saya ulas di blog saya ini mengenai HT yg dual band tersebut).
    #Om Senos, Icom V85 tergolong keluaran baru ya.
    Apakah anda membeli second? kalau IYA, berarti sang penjual menjualnya gara2x itu :-)
    Kalau anda beli dari baru, cek dulu apakah masih ada garansi. Kalau masih ada, segera bawa ke dealer-nya (kalau di Jakarta, anda bisa ke Mirusa).
    Kalau memang garansi sudah habis, mesti dibawa ke tukang HT, untuk dilakukan pengecekan bagian receiver. Bisa jadi, memang ada yang bermasalah di bagian receiver-nya.

  170. Dear Pak Agung,
    Saya ingin bertanya,
    Apakah ht harus memiliki surat ijin ? Kalau pun iya bagaimana pengurusannya ?

    Best regards,
    Marcel

  171. Bagaimana cara mengganti Low, midlle, & High di Radio Kenwood 271 mas..? Trims sebelumnya.

  172. Rudi Latief @ 2011-10-13 14:38

    Om… kalo ic2200H, bisa gak dinaikkan watt nya sampai sekitar 150 watt dengan menggunakan setting software, seperti yg bisa dilakukan di radio Yaesu FT2900R ? mohon infonya Om….

  173. Mau tanya nih, icom 2100 saya kadang budeg/sinyal rx nya turun sendiri, kalau di transmit kadang normal sendiri. mohon saran apa kira2 kerusakannya

  174. mau nanya gimana caranya menaikan whot dari 60 menjadi 100 kira kira biasa ngakya mhon infocaranya menaikan whotsendirii

  175. ohya kira kira ada perangkat tambahan ngak nya untuk menaikan whot ic 2200 mohon infony temen temen yang tau makasih.

  176. salam kenal pak,
    mau nanya ni pak,saya punya rig ic-2200h tapi saya punya kendala pak,
    kebetulan rig nya saya pasang di mobil,kendalanya itu skrng layarnya mati kalo saya pake manggil keluar,dan nrima dr luar,dan lebih parahnya lagi suara sudah ga ada..

    mohon solusinya pak,,

  177. alan ( JZ25LAN )SULTRA @ 2012-06-23 08:37

    Salam 51-55..,mari berbagi,sy punya icom 2100 dan 2200..,ut icom 2100,untuk radiao ICom 2100 outputx 140 watt ( khusus sy pakai lomba )dan yg 2200 sy setting ke 75 watt aja ( masih bisa naik ) dengan power 13,8 Amp,
    saat ini sy punya radio yaesu FT2900R,ada yg bisa bantu gk gimana carax upgarade radio ini dari output standar 75 menjadi 100 lebih tanpa mengganti alat krna salah satu kelebihan radio ini bisa di upgrade dengan cara di program sendiri.terima kasih bantuannya..
    ut info ke email aja atau call,081341641666

  178. mau ikut nanya, saya suka pada audio yang bagus, jernih, tapi rig icom 220H saya suaranya cepreng sekali , hasilnya, diterima , padahal aku suka panjerin itu Rig aku dengan musik, N hasilnya, kaya corong, mungkin dari agan agan tau cara/tips untuk memperbaiki kualitas audio pada rig Icom 220 H, mksih

  179. ft2900r Saya tombol didepan gak bisa seperti SET.DV.LOW.MR padahal sudah saya pejet2 terus dan keluar memori programnya tapi kok tidak keposisi VFO yang saya harapkan hanya keluar MR terus

  180. menaikan watt icom 2200 h gimana gan?

  181. sudarmadji @ 2013-06-20 19:29

    harga icom 2200h black kok mahal sekarang, di genteng kali surabaya kemarin saya tanya berkisar antara 2,7 – 3 jt

  182. salam kenal buat teman” dan buat mas agung, saya baru membeli icom 2200h sekond ngga ada buku petunjuknya tolong dong mas agus dan teman” kalo ada bisa doong di copy dan satu lagi tombol hendel mic saya kok ngga bisa merubah watt low ke medel dan lainnya malah muncul nada beeb aja,,,, yg bisa ditekan dan fungsi cuman tombol VFO/LOCK, MR/CALL, BANK/OPTION, tombol atas bawah otomatis scan, F1, F2,FUNC, DTMF-S kayakx ngg berfungsi, tombol transftnya bisa dgunakan tombol di pesawat berfungsi semua,,,,
    apakah ada code/sandi yg bisa dbagi sedangkan kabel mic nya saya cek pake tesmeter bagus aj,,,,,,

    tolong kalo teman” dan mas agus punya buku manual IC2200H bisa kirim ke email saya, (eko_dayan@yahoo.com)

    trims,,,,,,

  183. yans samsi @ 2013-09-03 16:47

    pak mohon infonya buat perbaikan ic-2200h untk kerusakan tidak keluar watt kecil untk input ke ic power

  184. Met siang gan salam kenal dulu…dan yang kedua saya mau nanya nich ada yang jual lcd buat HT Icom 28 H gak yah…masalahnya pesawat ht kita rusak lagi cari gantinya maslahnya yang lama udah gak bisa kita pakai..mohon informasinya gan ke kami trims,,

  185. addipurwono @ 2013-12-28 10:17

    saat transmit buat ngomong rf ngedrop ??? cara mengatasinya gmn gan ????saya menggunakan ic 2100… tolong dibantu

    Sepertinya transistor final-nya bermasalah pak.
    Silahkan bawa ke tempat service radio RIG terdekat dan terpercaya di lingkungan anda :-)

Add your comment now